Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Amalan Agar Cepat Menikah Sesuai dengan Syariat Islam

Amalan Agar Cepat Menikah Sesuai dengan Syariat Islam

Selain bertujuan untuk berkembang biak dan memperbanyak keturunan, menikah juga diperintahkan dalam agama Islam. Dalam agama Islam sendiri, menikah merupakan sebuah ibadah bagi umat Islam. Ada beberapa amalan agar cepat menikah yang bisa dilakukan agar ibadah yang satu ini bisa segera terlaksana.


islamsea.net
Add caption

Menikah merupakan impian dan kebutuhan hidup setiap orang yang bernyawa. Manusia sebagai makhluk yang mempunyai nafsu, pasti akan memiliki keinginan untuk menikah. Baik untuk memenuhi kebutuhan biologis maupun sebagai bentuk taat kepada perintah Allah SWT. Setiap orang memiliki jalan waktu yang berbeda-beda dalam urusan menikah.
Ada yang menikah diusia muda dan ada juga yang menikah saat usia yang sudah tidak lagi muda. Namun, menikah itu bukanlah soal umur, tetapi soal siap atau tidak siap. Berikut dibawah ini ada amalan-amalan yang bisa dilakukan agar diberi kemudahan untuk menikahi orang yang dicintai sesuai dengan syariat Islam.

1. Tanamkan Niat yang Baik

Hal pertama yang diamalkan, yaitu dengan belajar memiliki maupun menanam niat yang baik. Jangan sampai ingin menikah karena memiliki niat yang buruk, karena itu sangatlah tidak baik. Tentukan dan pastikan dalam hati, bahwa menikah hanya sebagai sarana ibadah untuk taat kepada Allah SWT.
Bukankah segala sesuatu itu tergantung dari niatnya ? Begitu juga dengan ibadah menikah, tentukan niat yang baik. Agar segalanya dipermudah oleh Allah SWT. Ini menjadi amalan agar cepat menikah yang paling dasar harus dilakukan oleh seseorang.

2. Bekerja dengan Giat

Setelah menentukan niat yang baik, sekarang saatnya untuk ikhtiar sebaik-baiknya. Ikhtiar dalam hal apa ? Salah satunya bekerja dengan lebih keras lagi, agar uang yang diperlukan dalam pernikahan bisa tercukupi. Selain itu juga, ketika sudah memutuskan untuk menikah bukankah sudah siap dengan segala sesuatu yang akan datang?
Menikah bukanlah semata-mata permainan atau sebagai nikmat kebutuhan biologis semata. Dalam pernikahan ada tanggung jawab besar yang tidak boleh diabadikan. Begitu besarnya tanggung jawab dalam pernikahan, oleh karena itu dalam Islam pernikahan dinilai sebagai ibadah. Oleh karena itu, persiapkan dengan baik dalam hal sandang dan pangan sebelum memutuskan untuk menikah.

3. Menolong Orang Lain

Sudah bukan rahasia umum lagi, dalam agama Islam selalu diajarkan untuk saling tolong menolong satu sama lain. Ketika seseorang menolong orang lain dari kesusahan yang sedang dideritanya, maka Allah SWT akan memberikan pertolongan kepada orang yang telah menolong tersebut.
Selain itu juga, Allah SWT akan memberikan kemudahan dari arah yang tidak disangka-sangka. Ketika seseorang itu menolong orang lain, sejatinya dirinya sedang melakukan sesuatu untuk menolong dirinya sendiri. Dengan demikian, jangan lupa untuk senantiasa menolong orang lain yang sedang kesusahan dan butuh pertolongan.

4. Berdoa Memohon Kepada Allah SWT

Berdoa adalah senjata terbaik dan paling utama bagi umat Islam. Setiap orang Muslim pasti memahami hal tersebut. Karena dengan melalui doa, Allah SWT dapat merubah takdirnya kepada orang yang berdoa. Tidak hanya itu saja, Allah SWT juga menyukai hamba-hambaNya yang berdoa sekaligus berharap hanya kepada-Nya.
Oleh karena itu berdoalah untuk memohon pertolongan dan kemudahan agar dapat melaksanakan ibadah pernikahan. Jangan sampai melupakan berdoa, karena sebait doa saja sudah bisa merubah jalan kehidupan ini. Dan tentunya tidak akan sia-sia orang yang telah berdoa dan meminta kepada Allah SWT karena setiap satu doa pasti akan dijawab dengan satu jawaban oleh Allah SWT.

5. Berserah Diri Menyerahkan yang Terbaik Kepada Allah SWT

Berusaha sudah, berdoa juga sudah. Hal terakhir sebagai senjata penutup adalah dengan berserah diri kepada Allah SWT. Manusia hanya bisa membuat rencana, sedangkan hasilnya tetap Allah SWT yang menentukan.Berserah dirilah kepada Allah SWT sekaligus diikuti dengan harapan dan prasangka yang baik. Dengan berprasangka yang baik, semoga ketentuan Allah SWT sesuai dengan yang diharapkan.
Namun jika tidak sesuai dengan kenyataan, percayalah bahwa ketentuan Allah SWT adalah yang terbaik. Selain kebutuhan biologis, menikah juga merupakan sarana ibadah bagi umat Muslim dan juga sebagai bentuk ketaatan dalam menjalankan perintah-perintah dari Allah SWT.

Oleh karena itu, menikahlah ketika sudah siap dan jangan menikah jika belum siap karena dalam pernikahan itu terdapat tanggung jawab yang besar. Nah, itulah beberapa amalan agar cepat menikah yang bisa dibaca dalam konten ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca.

Post a Comment for "6 Amalan Agar Cepat Menikah Sesuai dengan Syariat Islam"