Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketahui Pentingnya Iman Kepada Allah


Ketahui Pentingnya Iman Kepada Allah

Sebagai seorang muslim, perlu dipahami bahwa betapa pentingnya iman kepada Allah. Tanpa memahami akan perihal itu, kehidupan manusia bisa terombang-ambing seperti botol kaca di tengah lautan. Berikut akan dijabarkan secara rinci mengapa mukmin wajib beriman kepada Sang Khalik.


Ketahui Pentingnya Iman Kepada Allah
Iman kepada Allah hukumnya wajib, beriman kepada-Nya ialah menyakini bahwa Dia-lah Tuhan yang patut disembah. Diperlukan pemahaman mendalam untuk bisa melakukannya. Hal ini dikarenakan percaya tidak hanya diucapkan, namun diyakini dalam hati.
Percaya kepada Tuhan ialah sebuah keharusan. Hal ini bahkan telah dicantumkan dalam rukun iman. Kewajiban mempercayai serta meyakini akan keesaan Allah itu dapat membantu seseorang untuk tetap berada di jalan yang lurus sehingga hidup pun terasa lebih mudah.
Perilaku beriman pada Allah akan menuntun umat manusia ke jalan yang benar. Salah satu perilaku iman yakni tidak menyekutukan atau menduakan, segala ketetapan telah ditentukan oleh-Nya. Apabila benar adanya sifat mempercayai, maka seseorang takkan bertindak melewati batas-batas agama.
Jika manusia hidup tanpa iman, maka sesatlah ia. Selain akan kehilangan arah, perasaan pun tidak tenang. Apabila tak terlihat dampak nyata akibat perilaku yang kurang beriman, orang tersebut beresiko mendapat ganjaran setimpal di akhirat.
Mengapa Harus Beriman Kepada Allah
Dalam Surah Al Baqoroh 183 Allah berforman bahwa “Dan Tuhan itu, Tuhan Yang Maha Esa, Tidak ada Tuhan selain Di, Yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang”. Terlihat jelas bahwa percaya kepada keesaan Sang Khaliq telah tercantum di Al-Qur’an.
Manusia diciptakan oleh Tuhan dari tanah liat. Adanya fakta ini harusnya menambah keyakinan bahwa umat muslim harus beriman kepada-Nya. Sebagai hamba Allah yang taat, sudah seharusnya beribadah dan menjauhi larangan Sang Pencipta.
Selain itu, selama hidup di dunia manusia akan selalu diuji. Cobaan yang datang diperuntukkan untuk semua orang baik sholeh maupun tidak. Bahkan, ujian diberikan pada semua golongan baik miskin ataupun kaya. Adanya uji kehidupan ini akan terasa ringan jika dilandasi iman kuat.
Untuk beriman pada Sang Pencipta, seseorang tidak hanya mengucapkan plus meyakini dalam hati. Namun harus ada wujud nyata, bentuk iman kepada Allah dapat pula diwujudkan dengan menjalankan segala perintah-Nya serta menjauhi segala hal larangan. Al-Qur’an dan Hadits telah menuliskan apa saja ibadah yang diwajibkan serta peraturan terlarang.
Keutamaan Iman Kepada Allah
Iman kepada Allah merupakan rukun iman pertama. Ada berbagai keutamaan dari beriman kepada-Nya. Berikut ini akan diulas mengapa percaya pada Tuhan Yang Maha Esa adalah wajib hukumnya. Simaklah baik-baik:
1. Mendapatkan Pedoman Hidup
Pentingnya beriman kepada Allah SWT dikarenakan ini bisa digunakan orang sebagai pedoman hidup. Kehidupan di dunia hanyalah sementara, ada akhirat tempat abadi yang menjadi tujuan seluruh umat manusia. Tanpa mempercayai keesan Tuhan Yang Maha Esa, seseorang bisa terjebak dalam hal buruk.
Manusia membutuhkan pedoman hidup agar selamat dari api neraka. Jika hati seorang mukmin dipenuhi iman, secara otomatis ibadah pun dijalankan sesuai tuntunan agama. Apabila setiap hari melakukannya, rasa keimanan pada Allah pun semakin besar sehingga hidupnya pun terarah. 
2. Memberikan Ketenangan Hati
Iman kepada Allah harus dilakukan sejak dini. Selain akan mendapatkan pedoman atau arah hidup, seseorang yang beriman bisa mendapatkan ketenangan hati. Perilaku mukmin dengan keimanan tingkat tinggi dapat terlihat dari kedamaian hati serta perilaku terpujinya.
Di kehidupan fana ini, tidak ada seorang pun manusia yang tak diberi cobaan. Orang mukmin disertai keimanan akan lebih bersabar saat ada ujian karena percaya akan ketetapan Tuhan. Jika ingin selalu memiliki hati damai, perkuatlah rasa iman kepada Allah.
3. Lebih Peduli Sesama
Selain memberikan ketenangan hati, adanya iman kepada Allah akan menambah rasa peduli terhadap sesama. Tidak hanya itu saja, terlihat bahwa kepedulian pada lingkungan pun meningkat. Hal ini bisa diperoleh jika seseorang mempertebal rasa keyakinannya pada Tuhan. 
Orang beriman akan lebih menghargai sesama. Tak jarang jika hikmah mempercayai Allah sebagai Tuhan satu-satunya di alam semesta membuat seseorang menjadi berhati lembut, hingga tingkat peduli dengan lingkungan sekitar menjadi meningkat.
4. Mendapatkan Pengampunan Allah
Orang beriman kepada Tuhan akan cenderung takut melakukan perbuatan terlarang sehingga mereka hanya berfokus dengan ibadah. Berita baiknya, Allah telah menjanjikan para ahli ibadah mendapatkan pengampunan atas segala dosa-dosa yang pernah diiperbuat.
Orang beriman menjalankan segala kewajibannya sehingga pahala dan kebaikan didapat. Terlebih lagi, orang mukmin akan mendapatkan pengampunan baik di dunia maupun akhirat. Mengetahui akan hal ini mempertebal keyakinan bahwa Allah adalah satu-satunya Dzat Yang Maha Kuasa.
5. Semakin Bersyukur
Pentingnya iman kepada Allah memberikan banyak pengaruh positif bagi orang mukmin. Salah satunya yakni rasa syukur yang semakin bertambah. Seseorang dengan kadar iman tinggi akan tetap bersyukur dalam segala kondisi baik susah maupun senang. Ini dikarenakan ia percaya semua hal terjadi atas kehendak Sang Khaliq. 
Rasa syukur umumnya diucapkan dan dirasakan seseorang saat mendapatkan kelimpahan rahmat. Sangat jarang seseorang yang mengucapkannya di kala diberikan penderitaan. Hanya golongan tertentu dengan kadar iman tinggi, termasuk orang beriman.
6. Mendapatkan Kebahagian
Orang beriman mendapat banyak rahmat. Allah menyayangi mukmin yang memiliki iman plus taat sehingga beruntunglah mereka, karena mendapatkan kebahagiaan lahir dan batin. Jadi, ia akan merasa jauh lebih bahagia dibandingkan dengan manusia tanpa iman.
Perlu diingat, kebahagian tidak hanya harta beda. Bahagia bisa berwujud hidup yang sejahtera dilihat dari kesehatan atau keluarga lengkap penuh kehangatan. Iman kuat memberikan hati lapang sehingga menerima kehidupan dengan baik.
7. Mendapatkan Banyak Pertolongan
Orang dikatakan beriman jika meyakini bahwa Allah ialah Tuhan Pencipta. Selain itu, ia pun menjalankan segala perintah dan menjauhi larangan-Nya. Keuntungan menjadi mukmin yang taat Ilahi sering mendapatkan pertolongan, baik berupa materi maupun non materi.
Setiap manusia pasti diuji baik tua maupun muda, tak peduli kaya atau miskin. Orang beriman akan banyak mendapat pertolongan. Tentu menjadi manusia beriman tidaklah semulus jalan tol, sebab tetap istiqomah menjaga iman dan Islam merupakan ujian kehidupan sesungguhnya.
9. Calon Penghuni Surga
Beriman tidak hanya menjadikan hati lembut. Allah berfirman dalam Surah Al-Baqarah ayat 82 “Dan orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu penghuni surga; mereka kekal di dalamnya”. Dari ayat tersebut dapat disimpulkan bahwa manusia dengan iman dijanjikan kebahagiaan di akhirat.
Untuk mendapat kenikmatan kekal ini tentu seseorang harus menyadari betapa pentingnya memiliki kepada Allah. Selain itu, dibutuhkan keyakinan sepenuh hati disertai perwujudannya dalam tingkah laku sehari-hari.
Kini Anda telah mengetahui betapa pentingnya iman kepada Allah. Selain mendapatkan syafaatnya di hari akhir nanti, orang mukmim pun dijanjikan akan diberikan kemudahan. Ingat, hidup hanyalah sementara dan jangan tunggu tua untuk menjadi orang sholeh/sholehah.

Post a Comment for "Ketahui Pentingnya Iman Kepada Allah"