Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Agama dengan 6 Kartun Anak Islami Mendidik Ini


Belajar Agama dengan 6 Kartun Anak Islami Mendidik Ini

TV dan gawai tidak sepenuhnya memberikan pengaruh buruk pada anak terutama bagi usia pra sekolah jika orang tua mampu mengarahkan ke tontonan yang bermanfaat. Kartun islami bisa menjadi pilihannya karena lucu dan asyik menurut si buah hati dan juga memberikan pelajaran moral atau religi di dalamnya sejak dini. Inilah pilihan kartun anak islami mendidik yang direkomendasikan untuk anak tonton.
gambar 6 kartun anak islami
kartun anak islami


1. Nusa

Nusa masuk dalam rekomendasi pertama untuk kartun anak islami mendidik yang wajib anak tonton. Karya The Little Giants ini sangat kental dengan pelajaran religi yang disampaikan dengan cara yang menyenangkan.
Pengetahuan dasar agama Islam juga disampaikan dengan lagu-lagu yang ceria sehingga mudah dihafalkan bagi si kecil. Selain itu dengan suara Nusa dan Rara sebagai pemeran utama yang sangat menggemaskan membuat siapapun tertarik menontonnya termasuk orang dewasa.

2. Ali dan Sumaya

Tokoh kakak beradik yang masih kecil ini sedang mempelajari agamanya sehingga ilmu dasar sangat kental pada setiap episodenya. Misalnya saja tata cara berwudhu, sholat 5 waktu, perilaku terpuji dan lainnya yang perlu diketahui anak sejak dini.
Ali dan Sumaya juga sangat kekinian sehingga relevan dengan anak zaman sekarang. Uniknya, kartun buatan Animations Studios ini menggunakan bahasa inggris sehingga tak hanya ilmu agama, bahasa asing pun akan dipelajari sekaligus oleh buah hati.

3. Upin dan Ipin

Siapa yang tak kenal dengan kartun asal Negeri Jiran ini. Namanya cukup melegenda dan menjadi favorit banyak anak termasuk orang dewasa. Kisahnya yang hanya tinggal dengan orang tua dan kakak cukup mengharukan, membuat penontonnya terutama anak kecil akan lebih menyayangi kedua orang tuanya.
Kartun ini menceritakan kisah sehari-hari Upin dan Ipin dengan orang sekitar. Ilmu agama, petualangan seru dan sikap terpuji ditunjukkan dengan cara lucu sehingga bisa ditiru oleh si kecil.

4. Adit Sopo Jarwo

Kartun ini juga banyak ditonton dan telah tayang di salah satu stasiun televisi Indonesia. Adit Sopo Jarwo cukup berbeda dari ketiga kartun sebelumnya karena sangat kocak dan banyak sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Adit adalah anak yang sholeh, sayang kepada orang tua dan adik juga cerdas.
Sopo dan Jarwo kerap membuat penonton tertawa karena tingkahnya yang mengocok perut meski penampilannya yang terkesan sangar. Di setiap akhir episode juga selalu disampaikan nasehat ringan dari Pak Ustad.

5. Alif Alya

Kartun ini adalah hasil karya komunitas animator anak bangsa seperti Alif Alya Indonesia, Indonesia Animasi Teknologi dan HHK animation Academy yang sudah pro dibidang animator dan pendidikan. Kisahnya yang persis kehidupan sehari-hari anak Indonesia membuatnya mudah diterima.
Penonton secara tidak sadar atau tanpa digurui untuk melakukan akhlak terpuji seperti yang terdapat pada kartun ini. Uniknya, kartun ini kembali memainkan lagu-lagu anak Indonesia legendaris yang mulai hilang ingatan.

6. Syamil dan Dodo

Kartun ini juga karya anak bangsa yang bahkan menerima penghargaan dari KPI sebagai tontonan berkualitas. Tokoh utama ini adalah dua orang sahabat yang memiliki sifat sangat berbeda. Syamil seorang anak yang patuh dan kalem sedangkan Dodo berkarakter jahil dan ceria. Kisah persahabatannya ini mengajarkan anak untuk saling berbuat baik kepada teman, menjaga silaturahmi dan lainnya.
Menonton kartun anak islami mendidik membuat buah hati belajar secara tidak langsung, menyenangkan dan tidak seperti dinasehati. Kisahnya yang relevan dengan yang dialami kebanyakan anak Indonesia ini membuat anak ikut merasakan sehingga mudah diterima. Dengan begitu, anak akan lebih mudah menerapkan poin-poin mendidik pada kartun tersebut.

Post a Comment for " Belajar Agama dengan 6 Kartun Anak Islami Mendidik Ini"