Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketahui Manfaat Sholat Hajat yang Luar Biasa Berikut Ini


Ketahui Manfaat Sholat Hajat yang Luar Biasa Berikut Ini
Banyak sekali sholat sunnah yang memiliki manfaat, salah satu sholat sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan adalah sholat hajat yang bisa dilaksanakan pada pagi atau siang hari kecuali waktu yang dilarang. Sebagai namanya, sholat hajat bertujuan utama untuk mengabulkan hajat atau keinginan seseorang. Selain itu masih banyak lagi manfaat sholat hajat yang diperoleh jika mengerjakannya dengan khusyuk dan Lillahi Ta'ala yaitu:


1. Doa atau Keinginan akan Dikabulkan

Seperti yang disinggung sebelumnya, sholat sunnah yang bisa dilakukan mulai dari 2 hingga 12 rakaat ini memiliki manfaat utama sebagai pengabul doa. Rasulullah juga mengajarkan untuk meminta segala sesuatu kepada Allah termasuk hal-hal sepele bahkan meminta garam.
Jika keinginan cukup besar Rasul pun menganjurkan untuk melakukan sholat hajat sebagai penyempurna usaha dan doa yang telah dilakukan. Hal ini berhubungan pula dengan hadis yang diriwayatkan Ahmad berikut ini, “Barang siapa yang berwudhu dan menyempurnakannya kemudian mengerjakan sholat dua rakaat dengan sempurna maka Allah akan memberi apa saja yang ia minta segera ataupun lambat.”

2. Terhindar dari Kesulitan

Syekh M. Nawawi Banten menyampai kan riwayat dari wahib bin Al-Warad bahwa dianjurkan mendirikan sholat hajat sebanyak 12 rakaat bagi muslim yang sedang dihimpit kesulitan atau mengalami urusan dunia yang pelik.
Allah akan memberikan pertolongan kepada hamba-Nya yang meminta terutama yang didahului dengan sholat hajat tersebut. Selain itu, Allah pun akan menghindar kan dirinya dari marabahaya dan malapetaka dunia. Jadi, sholat hajat pun bisa menjadi solusi bagi seseorang yang ingin segala urusannya dilancarkan.

3. Derajatnya Ditinggikan

Allah tak hanya meninggikan derajat orang yang belajar atau menuntut ilmu melainkan pula hamba yang memperbanyak sujud kepada-Nya. Seperti hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, “Hendaklah kamu memperbanyak sujud kepada Allah karena tidaklah memperbanyak sujud karena Allah melainkan akan ditinggikan derajat dan dihapuskan dosamu (HR Muslim)”.
Jadi, dengan mengerjakan sholat hajat ini, seseorang akan dipandang lebih tinggi di mata Allah. Siapa yang tidak tertarik dengan keutamaan ini, bukan?

4. Diampuni Dosanya

Berkaitan dengan hadist pada manfaat ketiga di atas, mengerjakan sholat hajat dapat menghapus kan dosa sekaligus. Kenikmatan mana lagi yang lebih dinanti, keinginan dunia terkabul dan dosa yang berkaitan dengan akhirat pun diampuni hanya dengan mengerjakan sholat hajat yang khusyuk dan niat karena Allah.
Beragamnya manfaat yang diperoleh melalui sholat ini membuat para ulama menyarankan untuk mendirikan sholat hajat karena Allah Maha Pengampun dan Maha Pemberi Pertolongan. Seperti yang diketahui banyak cara agar dosa diampuni dan sholat hajat bisa menjadi salah satunya. Jadi lakukanlah agar dosa benar-benar dihapus dan meraih ridho-Nya.

5. Dicintai Allah SWT

Hadist yang diriwayatkan oleh Muslim bisa menjadi dasar manfaat sholat hajat ini bahwa mengerjakan ibadah sunnah bisa menjadi cara agar dicintai Allah. Terlebih lagi Allah sangat menyukai hamba yang meminta pertolongan kepada-Nya bahkan perkara kecil sekalipun. Namun banyak orang yang tidak menengadahkan tangan karena lupa atau hal lain, padahal hanya dengan meminta Allah akan kabulkan dan bahkan mencintainya.
Begitu banyaknya manfaat sholat hajat tersebut sehingga tak heran jika sholat ini masuk dalam sholat sunnah. Keutamaan atau manfaat ini bukti bahwa Allah sangat mencintai hambanya, Allah memberikan banyak jalan agar keinginan atau hajat terkabul.
Hamba hanya perlu mengeluh dan meminta kepada-Nya maka Allah pun akan memberikan yang terbaik bahkan dari apa yang diminta. Semoga uraian berikut ini bisa menjadikan keimanan diri menjadi lebih dalam dan lebih mencintai Allah SWT.

Post a Comment for "Ketahui Manfaat Sholat Hajat yang Luar Biasa Berikut Ini"