Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keutamaan Membaca Al Kahfi Setiap Hari Bagi Umat Muslim

Keutamaan Membaca Al Kahfi Setiap Hari Bagi Umat Muslim

Bagi umat Islam, membaca Al-Qur’an sudah menjadi kewajiban dalam hal menjalankan tuntunan beribadah. Hal ini dikarenakan Kalamullah tersebut memiliki segudang keistimewaan bagi yang membaca atau percaya kepada-Nya. Bahkan terdapat juga keutamaan membaca Al Kahfi setiap harinya.

Asal Mula Turunnya Surat Al-Kahfi

Salah satu surat yang terdapat dalam Juz 15 dan memiliki istilah lain berupa Asbabul Kahfi adalah Al-Kahfi. Surat yang terdiri dari 110 ayat ini bahkan kerap kali dijadikan acuan oleh para ulama mahupun da’i saat menyampai kan dakwah (ceramah). Mengapa? karena surat tersebut memiliki hikmah pengajaran yang amat banyak.
Turunnya surat Al-Kahfi ini identik dengan beberapa pemuda yang terjebak di dalam gua serta tiga kisah masa lalu lainnya. Beberapa di antaranya yakni bertemunya Nabi Musa as dengan Nabi Khidzir as, Asbabul Kahfi dan kisah Nabi Dzulkarnain. Akan tetapi kisah yang paling menonjol adalah mengenai Asbabul Kahfi.
Singkatnya, pada zaman raja Diqyanus di Romawi semua orang di perintahkan untuk menyembah berhala dan para Asbabul Kahfi menolaknya. Sebab hal tersebut para Asbabul Kahfi bersembunyi dalam gua dan para bala Tentara Raja menutup gua tersebut serapat mungkin dengan maksud agar meninggal di dalam sana.
Akan tetapi berkat kekuasaan Allah para Asbabul Kahfi tersebut ditidurkan selama 309 tahun dan pada saat bangun keadaan sudah banyak berubah. Menyadari hal tersebut turunlah surat Al-Kahfi yang di dalamnya turut terkisah perihal kejadian tersebut.

Inilah Beberapa Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi

Setelah mengetahui sejarah turunnya Asbabul Kahfi yang sangat menakjubkan di atas, ternyata bagi orang yang membacanya pun bisa mendatangkan kemanfaatan. Bagi yang belum mengetahui hal tersebut maka sebaiknya simak ulasan tentang beberapa keutamaan membaca Al Kahfi berikut ini:

1. Mendapatkan Ridho Dari Allah

Setiap umat Islam yang hidup di muka bumi ini pasti mengharapkan ridho Allah dalam setiap hal yang dilakukan. Termasuk salah satunya ketika membaca surat Al-kahfi. Mengingat kisah Asbabun Nuzulnya yang sangat menakjubkan, pasti yang tulus membacanya bisa merasakan kehadiran ridho Allah Swt.

2. Menghindarkan Diri Dari Fitnah Dajjal

Al-Qur’an bahkan sudah memperingatkan secara tegas bahwa hal paling kejam yang kelak akan terjadi di muka bumi ini adalah fitnah Dajjal. Oleh karena itu sangat dianjurkan membaca surat Al-Kahfi setiap hari terlebih lagi pada saat malam Jum’at untuk melindungi diri dari kejamnya fitnah tersebut.

3. Terjaga Dari Gangguan Syaitan

Keutamaan membaca Al kahfi berikutnya adalah mampu menghindarkan diri dari gangguan syaitan yang terkutuk. Hal ini bahkan dapat dibuktikan bilamana terdapat orang yang kerasukan atau diganggu oleh makhluk astral, maka sebaiknya baca surat Al-Kahfi sesering mungkin.

4. Allah Mengampuni Segala Dosa-Dosa

Hadirnya manusia di atas muka bumi tentu tidak akan terlepas dari segala dosa, baik kecil maupun besar. Bahkan tanpa disadari setiap waktu jarang sekali orang yang sadar bahwa hal remeh yang dilakukan menjadi sumber dosa. Oleh karena itu, demi melebur segala dosa tersebut baca lah surat Al-Kahfi dan memohon ampunan kepada Allah.

5. Cahaya Kebaikan Senantiasa Menyinar Kehidupan Dunia dan Akhirat

Bagi umat Islam yang setiap harinya membaca surat Al-Kahfi dengan tulus dan ikhlas maka akan mendapatkan pahala. Tidak hanya itu, bahkan Allah tidak segan-segan memberikan kepadanya cahaya kebaikan yang senantiasia mengelilingi, baik di dunia maupun akhirat.
Setelah mengetahui keutamaan membaca Al Kahfi di atas, lantas segera saja menerapakannya mulai sekarang juga. Selain itu, sangat dianjurkan membaca surat Al-Kahfi pada malam dan hari Jum’at agar menambah ketakwaan serta lebih mendekatkan diri kepada Allah.

Post a Comment for "Keutamaan Membaca Al Kahfi Setiap Hari Bagi Umat Muslim"