Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 5 Keistimewaan Sholat Tahajud

Inilah 5 Keistimewaan Sholat Tahajud


Salah satu amalan sunnah yang bisa dilakukan di malam hari adalah shalat malam. Sholat malam ini merupakan amalan sholat sunah yang dilakukan setelah shalat isya. Beberapa amalan shalat malam di antaranya shalat sunah mutlak, shalat sunah witir, serta shalat tahajud. Berbeda dengan sholat malam lainnya, ada banyak keistimewaan sholat tahajud.
Tahajud artinya terbangun malam. Maka dari itu, sholat tahajud hanya bisa dilakukan setelah seorang muslim telah tidur terlebih dahulu. Baru setelah bangun, bisa melaksanakan sholat tahajud. Tidak bisa dipungkiri bahwa menjalankan sholat tahajud pada malam hari dan setelah bangun tidur ini sangatlah sulit untuk dilakukan.
keistimewaan sholat tahajud


Maka dari itu, diperlukan usaha yang lebih untuk menghilangkan rasa malas dan godaan. Tentu saja, usaha bangun di malam hari untuk melaksanakan sholat tahajud tidak akan sia-sia. Seseorang yang rajin menjalankan ibadah sholat tahajud akan mendapatkan banyak pahala. Berikut beberapa keistimewaan sholat tahajud:

1. Shalat Sunnah paling utama

Keistimewaan yang pertama, shalat tahajud adalah shalat sunnah yang paling utama setelah shalat fardu (lima waktu). Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang diriwayatkan oleh An Nasa’i, yang artinya “Sholat yang paling afdhol setelah shalat fardhu adalah shalat malam”.

2. Pembuka pintu surga

Menjalankan sholat tahajud juga menjadi ciri dari orang-orang shaleh. Karena tidak semua orang bisa melakukannya. Sholat tahajud tentunya bisa menjadi kemuliaan agar selamat di dunia dan akhirat. Keistimewaan lain dari sholat tahajud yang sangat luar biasa adalah bisa menjadi jalan untuk membuka pintu surga.

3. Penghapus dosa

Selama hidup di dunia tentunya manusia tidak lepas dari dosa. Dosa kecil maupun dosa besar, dosa yang disengaja maupun dosa yang tidak disengaja. Menjalankan sholat tahajud bisa menjadi kesempatan untuk mengakui dan memohon ampun dengan sungguh-sungguh  atas segala dosa yang pernah dilakukan.

4. Dikabulkannya doa kebaikan yang dipanjatkan

Dalam hidup, manusia pastinya memiliki keinginan ataupun hajat. Salah satu usaha untuk mewujudkannya adalah dengan berdoa. Keistimewaan lainnya dari sholat tahajud adalah dikabulkannya oleh Allah Subhanahu wata’ala segala doa kebaikan yang dipanjatkan. Sehingga sholat tahajud menjadi waktu yang tepat untuk berdoa.

5. Mendapatkan kemuliaan di dunia dan akhirat

Sholat tahajud juga memiliki keistimewaan yang luar biasa bagi orang muslim yang menjalankannya dengan sebaik-baiknya yaitu akan mendapatkan kemuliaan di dunia dan di akhirat. Walaupun banyak sekali godaan yang datang saat akan melaksanakan sholat tahajud, tapi tetap harus konsisten menjalankannya.
Beberapa kemuliaan yang diberikan oleh Allah Subhanahu wata’ala di antaranya adalah dipelihara dari segala bencana, terlihat tanda ketaatan di wajahnya, dicintai oleh hamba Allah yang sholeh dan semua manusia. Senantiasa mengucapkan kata-kata yang baik dan mengandung hikmah, serta diberikan pemahaman dalam agama.
Mengingat banyaknya keistimewaan sholat tahajud, maka mulai biasakan diri untuk mengerjakan amalan ini. Beberapa tips agar bisa bangun malam hari untuk menjalankan sholat tahajud adalah tidur lebih awal, menyempatkan waktu tidur siang, memasang alarm setidaknya 1 jam sebelum subuh, minta dibangunkan orang lain, dan berdoa kepada Allah SWT.
Itulah beberapa keistimewaan sholat tahajud yang akan didapatkan jika senantiasa menjaga untuk selalu menjalankannya. Jalankan sholat tahajud dengan sebaik-baiknya dan tepis semua godaan yang menghalangi, entah itu mengantuk, dingin, capek, dan godaan lainnya. Dengan begitu, maka kita bisa mendapatkan keistimewaan dari sholat tahajud.

Post a Comment for "Inilah 5 Keistimewaan Sholat Tahajud"