Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cepat Menghafalkan Alquran Yang Wajib Diketahui


Cara Cepat Menghafalkan Alquran Yang Wajib Diketahui
Cara Cepat Menghafalkan Alquran Yang Wajib Diketahui
  Alquran

Terdapat banyak sekali keutamaan yang didapatkan dari membaca bahkan sampai menghafal Al Quran. Memang betul untuk menjadi seorang penghafal Al Quran memiliki banyak sekali tantangan. Maka dengan demikian artikel ini akan membahas cara cepat menghafalkan Alquran yang wajib diketahui.

1. Mencoba Untuk Memperbaiki Dan Menyempurnakan Bacaan

Cara cepat menghafalkan Alquran yang wajib diketahui pertama ialah mencoba untuk membaiki dan menyempurnakan bacaan terlebih dahulu. Usahakan untuk berguru kepada orang yang lebih mengerti mengenai Al Quran. Supaya nanti ketika sudah menghafal Al Quran tidak ada kesalahan bacaan, tajwid dan lain sebagainya.

2. Apabila Sulit Menghafal Dalam Tulisan Arabnya Bisa Ditulis Latinnya

Untuk cara cepat menghafal Al Quran yang kedua ini dapat dilakukan apabila sulit menghafal dalam tulisan arab dalam Alquran. Ini biasa dilakukan oleh pemula yang baru belajar Alquran dan sedikit untuk menghafal karena tulisan dalam bahasa Arab. Dengan membaca tulisan latinnya dapat mempermudah untuk menghafal juga.
Banyak yang sudah menggunakan teknik yang satu ini dan banyak pula yang berhasil untuk menghafal. Tetapi, harus dipastikan bahwa tulisan latin tersebut harus benar dan sesuai dengan bacaan aslinya dalam bahasa Arab di dalam Alquran.

3. Durasi Untuk Membaca Al-Quran Lebih Ditingkatkan

Selanjutnya ada durasi untuk membaca Alquran lebih ditingkatkan dalam artian lebih sering untuk membaca. Ini merupakan salah satu cara yang bisa dibilang juga paling ampuh untuk menghafal dalam jangka waktu yang lama.
Dengan mengulang-ulang bacaan ini pastikan juga bacaan surah yang dibaca sudah sesuai dengan hukum bacaan yang berlaku. Ketika sudah salah membaca dan menghafal akan merubah arti dari bacaan tersebut. Dan bisa menyesatkan orang banyak yang mendengarkan bacaan tersebut.

4. Mendengarkan Dan Menggunakan Satu Jenis Mushaf Untuk Menghafal

Tentukanlah satu jenis mushaf Alquran yang sama setiap mau menghafal. Supaya mempermudah mengingat letak ayat yang ingin dihafalkan dan memudahkan untuk mencari lagi atau melanjutkan hafalan. Untuk meminimalisir tercampurnya surah satu dengan surah lainnya.
Karena ketika menghafal Alquran itu seperti merekam berbagai rangkaian peristiwa maupun gambar ke dalam memori. Sehingga sangat membantu ketika di pertengahan jalan lupa pasti tiba-tiba akan teringat jelas rekaman tersebut dalam otak.

5. Sering Mendengarkan Murotal Al-Qur’an Dari Qori’ Terkenal

Pergunakan teknologi media yang sekarang sedang berkembang agar terdapat manfaat positif. Salah satunya dengan mendengarkan murotal Alquran dari berbagai qori terkenal di seluruh Indonesia. Pertama dengarkan seluruh qori dan sesuaikan dengan kemampuan atau kesenangan mendengar qori tersebut.
Dengan begitu akan memudahkan untuk meniru gaya bacaan qori tersebut. Usahakan untuk setiap surah bisa satu qori tersebut untuk mempermudah menghafal juga. Tetapi, ketika sudah yakin bisa menghafal dapat dengan mudah untuk mencampurkan berbagai nada qori dalam beberapa surah tersebut.

6. Sering Untuk Mengulangi Bacaan Dan Menerapkannya Dalam Sholat

Ketika sudah berhasil untuk menghafal satu surah supaya tidak lupa sebaiknya untuk menerapkan dalam sholat. Dengan begitu sudah mencoba untuk mengulang-ulang bacaan Alquran untuk lebih baik dan bisa untuk menjadi sempurna bacaan tersebut.
Mengulang bacaan juga dapat diterapkan ketika selesai shalat atau menunggu masuknya waktu sholat. Dapat membaca sedikit atau mengulang sedikit hafalan tersebut yang harus disimak dengan orang yang bacaan dan hafalannya lebih fasih.
Begitu banyak manfaat yang akan didapatkan ketika menghafal Al Quran salah satunya terbebas dari siksa neraka. Bahkan ketika di surga mendapatkan derajat yang lebih tinggi sungguh indah manfaatnya. Jadi begitulah cara cepat menghafalkan Alquran yang wajib diketahui setiap pemula agar mendapatkan begitu banyak kemuliaan dan manfaatnya.

Post a Comment for " Cara Cepat Menghafalkan Alquran Yang Wajib Diketahui"