Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Macam Tujuan Akidah Islam yang Wajib Anda Ketahui

9 Macam Tujuan Akidah Islam yang Wajib Anda Ketahui

Salah satu syarat menjadi orang yang beragama adalah dengan mempunyai iman kuat dan selalu bertaqwa kepada-Nya. Selain itu juga mampu untuk menerapkan semua prinsip dari-Nya ke dalam dunia nyata atau sehari-hari. Untuk mengetahuinya Anda dapat menyimak informasi berikut tentang 9 tujuan akidah Islam. 

ISLAMSEA


Akidah Sebagai Penunjuk Jalan Umat Islam

Dalam perkembangannya, terdapat banyak hal pada proses atau cara mengamalkannya. Yakni dengan menjalankan semua syariat dan tidak lupa untuk memperbaiki akhlak menjadi versi lebih baik ke depannya. Karena dalam beribadah terdapat beberapa faktor yang menjadi dasar amalan dalam agama Islam. 

Misalnya konsisten untuk melakukan sholat 5 waktu, ibadah haji, puasa wajib hingga sunnah seperti senin kamis, daud dan lain-lain. Dengan memiliki iman yang kuat, tentu Anda akan bisa melewati secara mudah karena selain dijadikan sebagai pedoman, akidah juga dapat meningkatkan derajat seseorang. 

Selain itu dapat membuat seseorang menjadi lebih percaya diri untuk menjalani hidup. Karena secara tidak langsung, kualitas diri dari manusia mengalami pertumbuhan atau peningkatan cukup pesat. Oleh sebab itu, keyakinan-keyakinan yang ada dalam agama Islam harus diyakini oleh setiap muslim dengan sungguh.

Apa Saja Tujuan Akidah Islam yang Wajib Diketahui Oleh Umat Muslim? 

Beberapa dari tujuannya dapat membuat seseorang menjadi pribadi lebih baik lagi ke depannya. Salah satunya yakni bisa dijadikan sebagai pedoman hidup umat dan terhindar dari hal- hal maksiat atau jalan menyimpang. Dan di antaranya adalah sebagai berikut: 

  1. Mempunyai Iman yang Kuat Kepada Allah SWT 

Menjadi manusia yang beriman tentu merupakan suatu kewajiban bagi umat Islam. Selain itu juga membuat individu tersebut menjadi teguh dalam menempuh jalan kehidupan yang sebenarnya sangat terjal di dunia nyata. Dengan memiliki keimanan, tentu dapat meringankan hingga mengurangi beban berat seseorang

Selain beriman kepada Allah SWT, juga dwajibkan untuk bertaqwa pada semua Rasul, malaikat-malaikat, kitab-kitab hingga ke qada dan qadhar. Karena jika Anda dapat menjalankan semua perintah-Nya tentu akan membuat tingkat keimanan seseorang menjadi lebih sempurna. 

  1. Mempunyai Keimanan yang Hakiki Berdasarkan Kesadaran Dari dalam Diri Sendiri

Ketika Anda sudah menerapkan poin pertama dalam kehidupan sehari-hari, sebaiknya juga mengikuti cara lain. Yakni memiliki iman sesuai dengan ilmu pengetahuan dan yang menjadi pedoman umat Islam adalah Al-Qur’an. Hal tersebut dilakukan agar manusia tidak menjadi pengikut ajaran-ajaran menyesatkan. 

Terdapat salah satu cara agar ibadah Anda dapat diterima oleh Allah SWT. Yakni dengan niat beribadah secara ikhlas dan berasal dari dalam diri. Serta tidak menyembah hal atau sesuatu lain selain dari-Nya. Misalnya patung berhala, jin, setan, benda-benda keramat seperti keris, jimat, cincin dan lain-lain. 

  1. Menumbuhkan Rasa Disiplin 

Kemudian tujuan akidah Islam selanjutnya adalah dapat membuat seseorang menjadi lebih patuh dalam hal mengikuti semua perintah dan menjauhi segala larangan-Nya. Selain itu, juga mampu mentaati semua tata tertib yang berlaku dengan penuh rasa tanggung jawab maupun kesadaran tinggi. 

Karena ketika seseorang berhasil dalam melakukan salah satu perintah, maka individu tersebut akan selalu mencoba hal-hal yang lain demi tercapai tujuan yang diinginkan. Jika ingin menjadi pribadi baik tentu setiap harinya akan konsisten untuk melakukan atau berbagi kebaikan ke dunia sekitar. 

  1. Berfungsi Sebagai Penentu Tingkat Keimanan Seseorang

Maksudnya adalah dapat dijadikan sebagai tolak ukur apakah para manusia ini adalah orang yang beragama Islam atau tidak. Karena dalam beragama, kehadirannya mampu mempengaruhi keyakinan, sikap, perubahan maupun perbuatan indvidu saat berperilaku dan menjalankan aktivitas tertentu. 

Jika Anda merupakan umat Islam yang baik tentu akan paham dengan segala larangan yang ada. Misalnya tidak boleh makan babi, berpacaran dengan lawan jenis, melakukan zinah di tempat umum dan lain sebagainya. Sebab ketika seseorang memiliki iman kuat tentu tidak akan pernah melakukan hal tersebut. 

  1. Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia

Selanjutnya tujuan akidah Islam yang kelima ialah kehadirannya dapat membuat seseorang mempunyai rasa optimis tinggi ketika menjalani hidup. Karena didalam dirinya sudah tertanam keyakinan kuat dan selalu percaya diri sehingga individu tersebut selalu merasa berhasil dalam segala hal atau usaha. 

Jika suatu hari Anda mencapai kesulitan, tentu akan dapat menemukan solusi terbaik dan bisa dengan cepat menyelesaikannya. Selain itu, juga lebih bersungguh-sungguh dalam melakukan segala hal seperti berkerja atau beribadah. Serta tidak akan pernah menyia-nyiakan kesempatan yang telah diberikan

  1. Membuat Seseorang Menjadi Lebih Bersyukur 

Ketika Anda telah berhasil menerapkan akidah dengan baik tentu juga dapat meningkatkan akhlak atau keimanan dari dalam diri. Karena kehadirannya bisa menjadikan pikiran dan jiwa selalu tenang. Selain itu juga dapat terhindar dari rasa cemas maupun gangguan yang berlebihan. 

Saat seseorang sudah berserah diri pada Allah SWT dan percaya bahwa segala sesuatu pasti ada jalan atau hikmahnya. Beliau akan membimbing umatnya ke arah yang lebih baik lagi. Tak hanya itu saja juga dapat membuat individu menjadi pribadi yang berlapang dada dan mempunyai hati seluas samudera.

  1. Memperoleh Kebahagiaan Duniawi dan Akhirat

Kemudian tujuan akidah Islam selanjutnya adalah dapat membuat manusia mendapatkan ganjaran setimpal dengan semua perbuatan yang telah diperbuat atau dilakukan selama hidupnya. Hasilnya bisa dalam bentuk kebaikan maupun sebaliknya. 

Karena jika Anda merupakan seseorang yang suka melakukan amalan baik seperti berperilaku atau melakukan perbuatan sesuai dengan syariat Islam, tentu akan mendapatkan kehidupan lebih baik dan merasa bahagia. Sebab jaminannya yakni berupa banyak pahala dalam setiap harinya. 

  1. Menegakkan Tiang Agama

Tujuan yang kedelapan ini yakni tentang bagaimana tingkat keimanan Anda tidak akan mudah goyah jika telah berhasil memahami dan menerapkannya. Karena dengan mengetahui maknanya secara mendalam tentu tak akan ragu untuk berjuang di jalan-Nya. 

Tak hanya itu saja, akidah akan membuat seseorang menjadi lebih bersyukur. Bahwa manusia tidak perlu mengejar hal-hal atau kebahagiaan duniawi saja, karena sifatnya hanya sementara. Alangkah baiknya juga meningkatkan atau mencari ridho-Nya sebagai persiapan di akhirat nanti. 

  1. Melakukan Banyak Perbuatan Baik 

Kemudian tujuan akidah Islam terakhir adalah dengan sering beramal kebaikan kepada Allah SWT dan menjauhi segala larangan-Nya. Ketika Anda berbuat baik maka akan mendapatkan banyak pahala dari-Nya. Begitupun bila sebaliknya, hanya memperoleh dosa-dosa jariyah saja. 

Selain itu, dengan melakukan amalan baik dapat menghindarkan diri sendiri dari segala hal yang sesat. Karena jika melakukannya secara sadar, tentu sudah mengetahui apa saja balasan atau siksaannya. Biasanya ketika seseorang suka berbuat jahat akan masuk neraka ketika hari penghisaban telah tiba. 

Tujuan akidah Islam di antaranya adalah dapat membuat seseorang memiliki iman yang kuat, menumbuhkan rasa disiplin, sebagai penentu tingkat keimanan, hingga meningkatkan kualitas hidup agar lebih baik ke depannya.


Post a Comment for "9 Macam Tujuan Akidah Islam yang Wajib Anda Ketahui"