Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sholat Dhuha Jam Berapa Dan Berapa Rakaat supaya Mustajab

Sholat Dhuha Jam Berapa Dan Berapa Rakaat supaya Mustajab

Sholat Dhuha adalah sholat sunnah yang dikerjakan di waktu Dhuha yaitu waktu pagi hari saat mathari mulai naik, sampai waktu sebelum masuk waktu sholat Dhuhur. Sholat Dhuha memiliki keutamaan dan kedudukan yang tinggi sampai-sampai Imam Syaukani menerangkan suatu hadis bahwa sholat dhuha dua rekaat dapat menggantikan tiga ratus enam puluh kali sedekah. 

Secara umum hukum sholat Dhuha duha adalah sunnat muakkad sebagai ibadah dan secara khusus mem[unyai arti sholat yang berhubungan dengan permohonan limpahan rezeki, yang dilakukan dengan tiap dua rakaat salam, ada sebagian ulama yang membolehkan tiap 4 rekaat satu tasyahud akhir dalam satu salam.

Keutamaan Sholat Dhuha

Dalam beberapa hadist banyak dijelaskan keutamaan dan faedah dari sholat dhuha, terutama kalau ditinjau dari sisi permohonan ampunan, ketentraman lahir batin dalam menjalani kehidupan dan terutama permohonan untuk kelapangan rezeki.

Berikut ini adalah beberapa hadis yang menjelaskan keutamaan sholat Dhuha:

1. Allah Akan mencukupi kebutuhan kita. Hadist yang diriwayatkan Hakim dan Thabrani: Dari Nuwas bin Sam'an bahwa Nabi Muhammad bersabda ,"Allah 'azza wajjala berfirman:"Wahai anak Adam jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan 4 rekaat sholat waktu permulaan siang yaitu sholat dhuha, niscaya akan Aku cukupkan kebutuhanmu pada sore nanti.

2. Allah Mengampuni dosa-dosa kita, seperti hadist Turmudzi: Dari Abu Hurairah ra. Nabi Muhmmad bersabda," Barang siapa yang dapat mengamalkan sholat dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan.

3.Mendatangkan Rezeki dan menjauhkan dari kefakiran. Dalam kitab Annuraini Fissylahid daraani"Sholat dhuha itu mendatangkan rezeki dan menolak kefakiran. Dan tidak ada yang akan memelihata sholat dhuha kecuali orang-orang yang bertaubat.

Hukum Sholat Dhuha

Sholat  Dhuha dihukumi dengan Sunnat Muakadah yaitu sholat sunnah yang dianjurkan untuk melakukannya.

Diriwayatkan dalam hadis dari Abu Said ra berkata,"Rasulullah senantiasa sholat dhuha sampai-sampai kita mengira bahwa beliau tidak pernah meninggalkannya, tetapi kalau sudah meninggalkan sampai-sampai kita mengira bahwa beliau tidak pernah mengerjakannya.

Sholat Dhuha Jam berapa?

Seperti sholat yang lainnya waktu sholat dhuha juga mempunyai ketentuan dan sayarat waktunya. Adapun pelaksanaan sholat dhuha dilakukan pada pagi hari kira-kira matahari naik satu hasta dan berakhir saat matahari hampir masuk sholat Dhuhur.

Dari Zaid bin Arqam ra berkata" Nabi Muhammad keluar menuju tempat ahli quba disaat itu sedang sholat Dhuha lalu beliau bersabda" ini adalah sholat orang-orang yang sama kembali kepda Allah yakni waktu anak-anak unta telah bangkait karena kepanasan waktu dhuha. Hadist diriwayakan Ahmad dan Muslim.

Sholat Dhuha Berapa Rakaat

Dari beberapa riwayat dapat disimpulkan bahwa sholat dhuha bisa dikerjakan paling sedikit dua rakaat dan bisa dikerjakan lebih, 4 rakaat, 8 rakaat atau 12 rakaat dengan 2 rakaat atau 4 rakaat salam.

Seperti diriwatkan dalam hadis Buchori dan Muslim, dari Abu Hurairah," Nabi Muhammad yang tercinta memesan padaku tiga hal yaitu berpuasa tiga hari dalam setiap bulan, mengerjakan dua rakaat dhuha dan berwitir sebelum tidur.

Sementara untuk sholat dhuha dengan 4 rakaat sendiri seperti diriwayatkan dalam hadis Ahmad, Muslim dan Ibnu Majah," dari Aisyah ra,"Rosulullah biasa melaksanakan sholat sholat dhuha empat rakaat, dan kadang-kadang-kadang melebihi dari itu.

Untuk sholat dhuha 12 rakaat diriwatkan dalam hadist.'dari Anas ra berkata: bersabda Rosulullah saw: Barang siapa yang mengerjakakan sholat dhuha 12 rekaat , maka Allah bangunkan baginya gedung di surga.

Sebagian ulama berpendapat bahwa tidak ada batsan bilangan rakaat sholat dhuha. Said Bin Manhur sewaktu ditanya,"Apakah sahabat Rasulullah juga melaksankan sholat dhuha? Ia menjawab," Ya diantara mereka ada yang mengerjakannya 12 rakaat ada yang 4 rakaat dan ada pula yang terus menerus mengerjakan hingga tengah hari.

Diriwayatkan dari An Nakhi'i bahwa ada seseorang yang bertanya kepada Aswad bin Yasid:
Berapa rakaatkah saya harus mengerjakan sholat dhuha? Ia menjawab,"Sesuka hatimu"

Surat Pendek yang dibaca pada Sholat Dhuha

Ada beberpa petunjuk tentang bacaan surat pendek apa yang dibaca saat mengerjakan sholat Dhuha.
1. Boleh membaca surat pendek apa saja yang dikuasai atau di hapal ddari surat pendek yang ada di Quran, sesuai firman Allah yang artinya "Bacalah oleh kamu pa saja ayat yang mudah dari Al quran

2. Apabila dikerjakan 2 rekaat disunahkan membaca surat Asy;syams pada rekaat pertam setelah Al fatihah, dan membaca Ad-dhuha pada rakaat kedua.

Seperti diriwayatkan dari Uqbah bin Annur berkata Rosulullah berkata:'Sholatlah dua rakaat dluha itu dengan membaca "wasysyamsi wadhuhaaha dan surat wadl Dluhaa"

3. Bacaan surat pendek yang lain seperti diriwayatakan dalam hadist,"Ari Anas ra Nabi Muhammad bersabda,"Barang siapa yang melaksanakan sholat dhuha dengan membaca rakaat pertama Surat Alfatihah kemudian membaca ayat kursi 10x dan pada rakaat kedua sedudah Al fatihah membaca surat Al ikhlas 10 x pasti ia mendapat keridhoan yang besar  dari Allah.

Tuntunan Sholat Dhuha

Seperti sholat pada umumnya sholat Dhuha juga mempunyai tuntunan yang sama. Berikut ini adalah tuntunan ringkas sholat dhuha.
Setelah tubuh dalam keadaan bersih lalu ambil wudlu:

1. Menghadap kiblat lalu Membaca Niat Sholat Dhuha ,"ushalli sunatan dhuha rak'atainai lillahi ta'ala, Allahu Akbar

2. Membaca Doa Iftitah
3. Membaca Alfatihah
4. Membaca Surat pendek
5. Ruku'
6. i'tidal 
7. Sujud
8. Duduk diantara dua sujud
9. Sujud
kemudian berdiri untuk rakaat kedua lalu
10. Duduk Tsyahud akhir//Takhiyat Akhir
11. Salam

Doa Sholat Dhuha

Setelah salam sebelum memohon doa kepada Allah sebaiknya membaca wirid berikut ini agar Inshaa Allah doa kita di ijabah Allah:
Membaca Istighfar
Tawassul kepada:
  •  Rasulullah MUhammad
  •  Syech Abdul Qadir Jaelani
  •  Syech Hazan Syadzali
  •  Kedua Orang tua
  •  Muslimin dan muslimat

Membaca wirid/dzikir pembuka rezeki 

Yaa Kaafi-YAa Ghani-Yaa Fattah-Yaa Razzaq 100x
artinya: 
DUHAI ZAT YANG MEMBERI KECUKUPAN, 
DUHAI ZAT YANG MEMBERI KEKAYAAN
DUHAI ZAT YANG MEMBERI JALAN KELUAR
DUHAI ZAT YANG MEMBERI REZEKI

Membaca doa Sesudah Sholat Dhuha

Sholat Dhuha Jam berapa?
Sholat Dhuha Jam berapa?
Doa Sholat Dhuha


Kemudian bisa menambahkan dengan memohon dan berdoa kepada Tuhan sesui keinginan kita.


Semoga Allah smengampuni dosa kita, memberi rahmat untuk keselamatan dunia  akhirat dan senantiasa mencukupi kita dengan limpahan rezeki.

Aamiin
Wallahu'alam

Post a Comment for "Sholat Dhuha Jam Berapa Dan Berapa Rakaat supaya Mustajab"