Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sholat istikharah dan doanya

Shalat Istikharah dan Doanya

Sholat Istikharah adalah sebuah shalat untuk meminta petunjuk kepada Allah SWT  terhadap ketentuan akan sebuah pilihan yang lebih baik diantara dua pilihan yang belum ditentukan baik-bauruknya.

Shalat Istikharah
Shalat Istikharah

Shalat Istikharah dijalankan untuk mencari petunjuk dari Allah semoga diberikan tanda;tanda atau isyarat untuk kemantaban hati. Walhasil sholat istikharah berarti sholat yang dilaksanakan untuk memohon petunjuk kepada Allah Wa ta'ala dalam rangka memilih pilihan yang baik, maka Allahlah yang memastikan  segala urusan manusia.Memang kita sebagai hamba Allah diwajibkan berusaha sedang Allah yang menentukannya., misal shalat istikharah jodoh, pekerjaan atau memilih sesuatu yang menjadi kebimbangan kita.

Waktu Sholat Istikharah

Waktu Sholat Istiqoroh/istikharah itu mempunyai banyak waktu tertentu, akan tetapi sholat seperti sholat tahajud dan sholat hajat maka waktunya tepat atau lebih utama bila dikerjakan malam hari yang sunyi agar lebih khusuk juga mengingat keutamaan sholat di malam hari, Sesudah sholat istokharah kemudian membaca doa istikharah dan sesudahnya memilih dalam hati maha yang cenderung dalam hati diantara dua hal yang akan di pilih.

Hukum Shalat Istikharah
Sholat Istikharah mohon petunjuk itu hukumnya sunnah mu'akad bagi orangyang sedang menginginkan petunjuk akan sebuah pilihan. Anjuran menjalankan shalat istikharah sesuai dengan sabda nabi Muhammad SAW.
Hukum Sholat Istikharah
Hukum Sholat Istikharah

Dilangsir dari kitab Sunan Ibnu Majah, Nabi Muhammad bersabda:

Hukum Sholat Istikharah
Hukum Sholat Istikharah

Rekaat Sholat Istikharah
Bilangan rekaat sholat istikharah adalah dua rekaat pad rekaat pertama membaca Alfatihah kemudaian membaca surat Al kafirun ( atau surat pendek yang lain ) dan pada rekaat kedua setelah Alfatihah membaca surat Al Ikhlas. Waktu Sholat Istikhoroh/istikharah  juga bisa dilakukan diwaktu waktu yang lain, di waktu sholat sunnah rowatif atau tahiyatul masjid dan sebagainya. Seyogyanya setelah sholat Istikharah membaca doa Istikharah agar doa kita lebih mentab dan inshaa Allah di ijabah Allah SWT.

Tata cara Shalat Istikharah

Sholat Istikharah sebagai ibadah hendaknya kita lakukan dengan khusuk dan tawaduk penuh hikmah dan maunah dari Allah SWT, sehingga benar-benar menghasilkan ketenangan hati kepasrahan jiwa hingga timbul keyakinan dan kemantaban hati.
Istikharah yang dihasilkan dengan memohon petunjuk Allah SWT. inshaa Allah berisi isyarat kemantaban hati untuk menentukan pilihan yang kita mohonkan petunjuk. Dalam beberapa kisah dan pengalaman biasanya isyarat datang melalui mimpi sebgaimana Rosulullah dalam sabdanya:

Bacaan Shalat Istikharah
Sesungguhnya tuntunan dan tata cara shalat istiqarah/istikharah sama seperti sholat wajib yaitu dimulai dengan Niat yaitu:

Niat Sholat Istikhoroh/istikharah:

Niat Sholat Istikharah
Niat Sholat Istikharah

Kemudian selanjutnya Takbiratul Ikhram sampai dua rekaat dan Salam.

Kemudian dilanjutkan dengan wirid dan doa Istikharah.

Wirid sholat Istikharah
Setelah sholat istikharah, dilanjut membaca Istigfar 100x
Membaca Sholawat Nabi di utamkan sebanyak 100x
lalu membaca doa istikarah dan memohon petunjuk apa yang menjadi doanya,

Doa Istikhoroh/istikharah
doa Istikharah.

doa Istikharah.


doa Istikharah.

doa Istikharah.

Setelah itu posisi berbaring mnghadap ke kiblat dengan kepala di sebelah utara ( posisi miring ) Bacaan Sholawat harus terus dibaca sampai tertidur dengan posisi tersebut.

JIka Allah berkenan menerima, maka dalam mimpi akan diperlihatkan tanda atau isyarat tentang masalah yang dimohonkan. Sholat Istikharah tidak selalu sekali langsung mendapat tabda atau isyarat, tetapi bisa dilakukan lagi. Bila ternyata tidak mendapatkan isyarat, maka pilihlah dengan kemantaban an keyakinan dengan berserah dan menyebut nama Allah, dengan harapan apapun yang kita pilih adalah sudah melalui proses doa dan permohonan kepada Allah.

Post a Comment for "Sholat istikharah dan doanya"