Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keajaiban Menyantuni Anak Yatim Yang Harus Diketahui

Keajaiban Menyantuni Anak Yatim Yang Harus Diketahui


Membagikan harta yang dimiliki atau bersedekah kepada orang lain merupakan perbuatan yang dianjurkan dalam Islam. Tentu dengan perbuatan tersebut akan mendapatkan pahala yang melimpah. Salah satu sedekah yang sangat dianjurkan yaitu menyantuni anak yatim. Perlu diketahui bahwa keajaiban menyantuni anak yatim sangatlah memberi manfaat untuk kehidupan dunia maupun akhirat.
Berkah menyantuni anak yatim pasti akan dirasakan oleh orang yang ikhlas melaksanakannya. Anak yatim tidak memiliki orang tua lengkap, bahkan ada yang tidak memiliki keduanya. Maka, mereka sangat membutuhkan bantuan untuk menjalani kehidupannya. Untuk memperluas pengetahuan dalam menyantuni anak yatim, simak ulasan berikut ini:


1. Didekatkan Dengan Rasulullah Saw Di Surga

Keajaiban menyantuni anak yatim yang pertama yaitu berada di samping Rasulullah SAW saat di surga. Oleh karena itu, hendaklah untuk menyantuni anak yatim jika ingin didekatkan dengan Rasulullah di surga . Kedekatan yang dimaksudkan yaitu diibaratkan seperti jari telunjuk dengan jari tengah.
Seperti yang disebutkan oleh HR. Bukhari, Shahih Bukhari, Sahl bin Saad As-Saidiy: 5304. Bahwa Rasulullah mengisyaratkan kedekatan tersebut, yaitu dengan jari telunjuk dan tengah Rasulullah yang sedikit merenggangkan keduanya.

2. Melunakkan Kerasnya Hati Manusia

Melunakkan hati manusia merupakan salah satu keajaiban menyantuni anak yatim yang dapat dirasakan manfaatnya di dunia. Kebaikan tersebut mampu memudarkan sifat-sifat buruk seperti dengki, iri, dusta dan kikir karena secara tidak langsung mereka menjadi orang tua dari anak yatim.
Selain itu, kebutuhan hidup orang yang menyantuni anak yatim akan dijamin oleh Allah. Karenanya melalui diri orang tersebut Allah menyalurkan rezeki untuk orang-orang yang lebih membutuhkan. Rezeki yang diberikan kepada anak yatim akan membuat orang tersebut termasuk orang yang bertakwa.

3. Menyucikan Jiwa

Selain melunakkan hati, keajaiban menyantuni anak yatim juga dapat menyucikan jiwa. Selama perjalanan hidup tidak bisa dipungkiri bahwa manusia tidak akan mengotori dirinya dengan sifat tercela. Seperti halnya terlalu berlebihan mencintai dunia sehingga lupa dengan akhirat. Selain itu, Allah membenci orang-orang yang menimbun hartanya dan tidak berbagi dengan yang membutuhkan.
Oleh sebab itu, seorang muslim hendaknya berbagi dengan orang lain, terutama dengan anak yatim agar jiwa terhindar dari keserakahan. Menyantuni anak yatim dapat menjadikan manusia lebih mulia dan rendah hati, baik di mata manusia maupun Allah.

4. Didoakan Oleh Para Malaikat

Dalam hal ini, para malaikat senang dengan orang yang bersedekah, tidak terkecuali menyantuni anak yatim. Sehingga malaikat akan mendoakan orang-orang yang bersedekah dengan ikhlas untuk mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Selain itu, doa dari para malaikat merupakan salah satu doa yang mustajab dan mudah untuk didengar serta dikabulkan oleh Allah.

5. Memperoleh Perlindungan Di Hari kiamat

Orang yang memberikan kasih sayang kepada anak yatim, tentu akan dicintai oleh Allah SWT. Selain itu Rasulullah pernah bersabda bahwa, orang yang mengasihi, menyayangi, berlaku ramah, kepada anak yatim tidak akan di azab oleh Allah. Muslim yang manyantuni anak yatim akan mendapat perlindungan kelak di hari kiamat. Perbuatan baik yang sudah dilakukan ketika di dunia akan melindunginya dari siksa dan api neraka.

6. Memperbaiki Urusan Dunia Dan Akhirat

Orang yang memberi kasih sayang kepada sesamanya di dunia ini, maka orang tersebut akan disayangi oleh Allah SWT. Apalagi dengan mengasihi anak yatim yang benar-benar membutuhkan hal tersebut dengan ikhlas. Selain itu, Allah menjanjikan suatu hal yang layak untuk kehidupan di dunia maupun akhirat. Maka jangan ragu untuk bersedekah kepada sesama yang lebih membutuhkan.
Itulah beberapa keajaiban menyantuni anak yatim yang akan dirasakan oleh muslim yang melaksanakannya. Selain yang sudah disebutkan diatas masih banyak keajaiban dan keutamaan yang akan diperoleh. Perbuatan tersebut sangat dicintai oleh Allah, selain mendapatkan kebaikan di dunia, amal baik tersebut juga dapat memberikan tempat terbaik di akhirat nanti.

Post a Comment for " Keajaiban Menyantuni Anak Yatim Yang Harus Diketahui"