Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa saja 5 pilar Islam?

Apa saja pilar Islam

Sebelum masuk kepada apa saja 5 pilar Islam, kita akan mundur sejenak pada masa sebelum kedatangan Islam. Pada dasarnya sejarah Islam adalah kelanjutan kisah dan sejarah Nabi Nuh dan Ibrahim, Musa sampai isa yang membawa ajaran tentang Tuhan yang satu atau monoteisme. Begitupun Nabi Muhammad adalah utusan pembawa risalah estafet dari Allah yaitu  ajaran monoteisme itu sendiri. Dalam islam selalu ditanamkan dalam diri atau yang biasa di sebut rukun iman atau 6 pilar keimanan, yaitu percaya Allah, percaya Nabi, percaya kitab suci, percaya kepada malaikat, percaya kepada hari kiamat dan percaya pada takdir.
5 pilar islam list
shahadat: rukun islam pertama


Dalam hal percaya nabi, islam wajib memepercayai Nabi yang sudah ada sebelum Nabi Muhammad, diantaranya Nabi Ibrahim, Musa dan Isa serta 25 Nabi yang di sebut dalam Quran. Baik, untuk Rukun Iman kita bahas di lain waktu ya 😊
OK, sedikit cerita Nabi Muhammad terlahir dari Ibu yang bernama Aminah dan Bapak bernama Abdullah yang bila ditarik ke atas akan sampai pada Nabi Ismail anak dari Nabi Ibrahim.
Muhammad menjadi Nabi di usia 40 tahun, di saat Malaikat Jibril membawa wahyu dari Allah untuk menjadikan Muhammad sebagai Nabi, utusan Tuhan untuk membenahi kehidupan masyarakat waktu itu. Malaikat Jibril menemui Muhammad di Gua Hira’. Ya Muhammad yang waktu itu seorang pedagang, sering mengahabiskan waktu di gua hira untuk merenung tentang kehidupan masyarakat saat itu, yang dalam islam di sebut masa “jahiliyah” yaitu masa di mana kehidupan gelap karena banyak masyarakat yang justru menyembah  Patung dan menjadikannya Tuhan. Kehidupan yang jauh berbeda dari ajaran Ibrahim, Musa dan Isa dan Nabi sebelumnya.
Pada intinya, Islam adalah apa yang kita sebut agama yang mereformasi segalanya-seperti Isa dan Musa yang berusaha untuk mengembalikan monoteisme Ibrahim setelah apa yang mereka anggap sebagai penyimpang, demikian pula Muhammad. Muslim percaya bahwa Allah mengutus Muhammad sebagai nabi terakhir untuk membawa orang kembali ke satu-satunya agama yang benar, yang melibatkan penyembahan, dan pengajuan untuk, satu dan Tuhan maha kuasa. Quran juga mengakui Ibrahim dan Musa dan Isa antara lain sebagai nabi, tapi itu sangat berbeda dari bahasa Ibrani dan Kristen Alkitab: Untuk satu hal itu jauh lebih sedikit narasi penjelasannya, tetapi juga catatan tertulis dari wahyu yang diterima Nabi Muhammad-yang berarti tidak tertulis dari sudut pandang orang, hal ini dilihat sebagai Wahyu yang sebenarnya dari Allah

 Daftar 5 Pilar Islam

Islam didasarkan pada lima prinsip yang dikenal sebagai lima pilar atau "Rukun Islam". Dalam islam sendiri ada yang hukumnya Rukun dan ada yang wajib. Sedikit perbedaannya adalah semua yang rukun akan menjadi wajib hukumnya. tetapi tidak semua yang wajib mnjadi rukun. Rukun adalah pilar ia tidak bisa ditinggalkan dalam segala kondisi, sementara yang hukumnya wajib bisa saja gugur atau di perbolehkan saat kondisi lupa, misal lupa mengucapkan bismillah dan sebagianya. Tetapi apabila rukun adalah hal pokok, seorang muslim harus berpegang pada 5 pilar islam, 5 rukun islam tidak boleh di tiggalkan karena sebab apapun,  sebuah keharusan yang tidak bisa diganti dengan yang lain.Dan mereka adalah lima kewajiban bagi umat Islam untuk menjalani kehidupan yang baik dan bertanggung jawab. Al-Quran menyajikan mereka sebagai bingkai kata untuk beribadah dan tanda komitmen untuk iman mereka. Kali ini kita akan uraikan daftar lima pilar islam atau biasa disebut Rukun Islam sehingga Anda bisa lebih mudah memahaminya. Terutama bagi orang-orang yang mungkin ingin belajar lebih banyak tentang agama, agar mendapatkan pemahaman yang lebih baik, atau orang-orang yang  belum mengetahui agama Islam yang mungkin bahkan tidak mengerti apa pilar-pilar ini.
Pilar yang pertama adalah, "Shahada" atau pengakuan atau kesaksian. Persyaratan paling dasar untuk menjadi Muslim, adalah menyatakan di depan umum kata-kata, "Tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya" dalam bahasa Arab. Dan ini harus dikatakan dengan tulus dan tanpa keraguan. Untuk menjadi seorang Muslim, seorang Non-Muslim harus mengulangi Shahada, tiga kali di hadapan para saksi.
Sekarang rukun Islam atau  pilar yang kedua adalah "Sholat" atau doa dengan yang disertai ritual Gerakan yang sama dan tertib. Shalat mengacu pada doa wajib yang dilakukan lima kali sehari oleh umat Islam. Dan saya ingin menjabarkan apa saja shalat lima waktu itu adlah Sholat al-Fajr/sholat Subuh, Sholat al-zuhr/dzuhur, Sholat al-'asr/sholat asar, Sholat al-maghrib/sholat Magrib dan Shalat al-'isha/sholat isya. Dimana waktu dan caranya sudah ditentukan. Jadi doa-doa ini berfungsi sebagai bukti publik untuk pengabdian orang percaya kepada Islam. Doa-doa biasanya dipimpin oleh seseorang yang tahu Al-Quran dengan sangat baik dan umumnya dipilih oleh jamaah tetapi ini tidak berarti bahwa perlu menghadiri Masjid untuk berdoa. Umat ​​Islam dapat berdoa di mana saja dan doa-doa ini dilakukan saat fajar, juga tengah hari dan ada satu di sore hari, satu saat matahari terbenam dan satu lagi di malam hari. Dan satu hal yang perlu diketahui bahwa doa-doa ini mengandung ayat-ayat dari Al-Quran dan dikatakan dalam bahasa Arab dan doa-doa ini harus dilakukan ke arah Mekah, Arab Saudi.
Sekarang jika Anda bukan Muslim, Anda mungkin pernah melihat atau mendengar salah satu teman Muslim Anda berpuasa. Nah itu salah satu pilar yang ke tiga dan  itu disebut "Sawn’ atau puasa. Puasa yaitu menahan diri untuk tidak makan dan minum serta ada hal yang membatalkan puasa antar lain berhubugan sex di waktu siang atau tidak boleh berbohong. Selama bulan suci Ramadhan, umat Islam diharapkan berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam. Mereka tidak boleh makan makanan atau minuman atau hubungan seksual dengan pasangan mereka atau orang penting lainnya. Sekarang orang sakit, tua dan wanita yang sedang menstruasi atau bahkan hamil dan menyusui, diizinkan untuk berbuka puasa atau tidak berpuasa asalkan mereka mengganti jumlah hari yang sama di tahun itu. Meskipun puasa bermanfaat bagi kesehatan, pendukung Quran puasa adalah metode penyucian diri dan pengendalian diri. Untuk mencari kedekatan dengan Allah, bersabarlah juga untuk belajar kesulitan yang dihadapi oleh orang yang kurang beruntung.
Sekarang rukun Islam empat adalah "Zakat" dan itu merujuk pada amal atau pemberian amal. Setiap Muslim wajib membayar zakat yaitu membagikan sebagian kekayaannya untuk kepentingan orang miskin yang membutuhkan. Jumlah tersebut umumnya dikatakan 2,5% dari nilai semua aset atau hasil yang dimiliki. Zakat ada dua yaitu zakat wajib yang ditujukan untuk seorang muslim yang menjalankan rukun islam ke tiga yaitu Puasa di bulan Ramadan ( bulan hijriyah ) dan yang kedua zakat Mal yaitu zakat untuk sejumlah harta setelah jumalah mencapai batas tertentu. Semua  itu  untuk memberi makan orang miskin atau untuk mendukung mereka yang mengabdikan diri untuk pekerjaan Islam dan setiap penyebab lain yang cocok.
Sekarang jika Anda bukan Muslim, Anda mungkin pernah melihat atau mendengar salah satu teman Muslim Anda berpuasa. Nah itu salah satu pilar yang ke tiga dan  itu disebut "Sawn’ atau puasa. Puasa yaitu menahan diri untuk tidak makan dan minum serta ada hal yang membatalkan puasa antar lain berhubugan sex di waktu siang atau tidak boleh berbohong. Selama bulan suci Ramadhan, umat Islam diharapkan berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam. Mereka tidak boleh makan makanan atau minuman atau hubungan seksual dengan pasangan mereka atau orang penting lainnya. Sekarang orang sakit, tua dan wanita yang sedang menstruasi atau bahkan hamil dan menyusui, diizinkan untuk berbuka puasa atau tidak berpuasa asalkan mereka mengganti jumlah hari yang sama di tahun itu. Meskipun puasa bermanfaat bagi kesehatan, pendukung Quran puasa adalah metode penyucian diri dan pengendalian diri. Untuk mencari kedekatan dengan Allah, bersabarlah juga untuk belajar kesulitan yang dihadapi oleh orang yang kurang beruntung.
Dan pilar terakhir mungkin yang paling epik dan mengasyikkan, yaitu "Haji" atau ziarah. Ziarah ke Mekah, Arab Saudi, adalah kewajiban bagi mereka yang secara fisik dan finansial dapat melakukannya. Haji adalah rukun islam yang ke lima dengan tata cara dan waktu yang tertentu. Bagaimanapun, ada lebih dari 2 juta orang yang pergi ke Mekah setiap tahun dari seluruh dunia. Haji tahunan dimulai bulan ke-12 dari kalender lunar Islam. Sekarang hak-hak Haji termasuk, berkeliling di sekitar Ka'bah tujuh kali dan pergi tujuh kali antara bukit-bukit Safa dan Marwa seperti halnya Hagar yang telah melahirkan putra Nabi Ibrahim, Ishmel, selama pencariannya untuk air.
 Jadi itulah lima rukun Islam, kalau-kalau Anda bertanya-tanya lebih dalam dilain waktu akan kita sambung Kembali di potingan berikutnya. 
Semoga Allah memberkati kita semua.

Post a Comment for "Apa saja 5 pilar Islam?"