Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Keajaiban Sholat Subuh Yang Wajib Diketahui


5 Keajaiban Sholat Subuh Yang Wajib Diketahui

Bagi umat muslim, sudah menjadi kewajiban untuk melakukan sholat 5 waktu. Diantara ke 5 waktu sholat, paling susah dilakukan adalah sholat subuh. Dengan berbagai alasan, umat muslim seringkali lalai dengan waktu sholat tersebut. Mulai dari kesiangan, tidak mendengar azan, dan masih banyak lagi. Padahal ada banyak sekali keajaiban sholat subuh.
Salah satunya adalah sholat subuh yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan selain itu masih banyak sekali keajaiban-keajaiban lainnya dari sholat subuh. Dengan banyaknya keajaiban sholat subuh tersebut, diharapkan umat islam tidak lagi meninggalkan kewajiban tersebut. Simak apa saja yang termasuk keajaiban dari sholat subuh bagi umat islam berikut ini:



1. Sholat Subuh Merupakan Faktor Dilapangkannya Rezeki

Allah SWT pernah berfirman dalam surat AT-Thalaq ayat 2 dan 3. Arti ayat tersebut adalah tentang siapa yang bertaqwa pada Allah SWT. Maka niscaya mereka yang menjalankan sholat subuh akan diberikan jalan rizky yang tidak disangka-sangka. Selain itu, ada pula cerita dari Nabi Muhammad SAW.
Saat itu beliau usai mengerjakan sholat subuh dari masjid. Ketika pulang, dilihatlah putrinya Siti Fatimah sedang tidur. Setelah itu, dengan menggunakan kakinya Beliau membangunkan Fatimah sambil berujar. Nabi Muhammad berujar jika Fatimah harus bangun untuk menjemput rezekinya. Karena Allah SWT membagi rizki saat waktu subuh hingga terbitnya matahari.

2. Sholat Subuh Dapat Menjaga Diri Seorang Muslim

Allah SWT pernah bersabda jika mereka yang menunaikan sholat subuh, maka sekaligus akan mendapatkan jaminan dari-Nya. Maka umat Islam harus tetap menjaga supaya Allah tidak sampai mencabut jaminan ini karena sebab apapun. Karena saat Allah SWT akhirnya memutuskan jaminan-Nya tersebut, maka orang tersebut akan dimasukkan ke neraka jahanam.
Bagi para lelaki yang tidak mau sampai terkena fitnah dari rayuan wanita, tunaikanlah sholat subuh. Orang tua yang ingin anak-anaknya masuk surga, maka perintahkan semua keluarga untuk menjalankan sholat subuh. Dengan begitu niscaya semua akan selamat dari kejamnya neraka jahanam. Sebaliknya sholat subuh akan membawa pada kedamaian surga.

3. Pahala Sholat Subuh Sama Dengan Sholat Semalam Suntuk

Umat islam pasti pernah dengar tentang keutamaan sholat isya berjamaah. Jadi mereka yang melakukan sholat isya berjamaah maka pahalanya sama dengan ketika sholat separuh malam. Sholat subuh juga punya keistimewaan yang lebih besar. Pahala yang didapatkan bagi yang menunaikan sholat subuh sama halnya dengan saat mereka sholat semalam suntuk.

4. Sholat Subuh Menjadi Tolok Ukur Keimanan Seseorang

Orang beriman atau mukmin sangat berbeda dengan mereka yang munafik. Terdapat perbedaan besar antara keduanya. Hal ini pernah disinggung oleh Rasulullah SAW. Beliau bersabda jika batas antara yang mukmin dan munafik adalah ketika hadir dalam sholat subuh dan isya. Orang munafik dianggap tidak akan pernah sanggup menunaikan kedua sholat tersebut.
Bagi orang munafik, sholat isya dan terutama sholat subuh adalah sholat terberat yang harus dilakukan. Padahal sebenarnya orang munafik belum tahu keistimewaan dari sholat subuh. Jika saja tahu, bisa saja mereka memaksakan untuk melakukannya sekalipun harus merangkak.

5. Sholat Subuh Menjadi Penyelamat Api Neraka Sekaligus Membuka Jalan untuk Masuk Surga

Allah SWT pernah menjanjikan pada umatnya untuk dijauhkan dari panasnya api neraka. Caranya dengan menunaikan sholat pada waktu sebelum matahari terbit. Sholat di waktu tersebut adalah sholat subuh pastinya. Bukan hanya dijauhkan dari api neraka jahanam saja. Bagi umat islam yang rajin melaksanakan sholat subuh Allah SWT pun menjanjikan hal indah.
Apalagi jika bukan surga saat hari akhir nanti. Allah SWT bersabda akan memberikan kenikmatan surgawi untuk umatnya yang rutin menjalankan sholat bardain. Sholat Bardain sendiri ada 2 macam. Pertama sholat isya’ serta sholat subuh, di mana keduanya adalah sholat wajib bagi umat islam.
Itu tadi 5 keajaiban sholat subuh. Cukup banyak juga ternyata manfaat menunaikan sholat subuh ini. Maka mulai sekarang sebaiknya jangan pernah lagi dengan sengaja atau tidak untuk mencoba meninggalkannya. Akan sangat merugi bagi umat muslim ketika tidak melakukan sholat subuh.

Post a Comment for "5 Keajaiban Sholat Subuh Yang Wajib Diketahui"