Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Keutamaan Puasa Senin Kamis

9 Keutamaan Puasa Senin Kamis

KEUTAMAAN PUASA SENIN KAMIS
Keutamaan Puasa Senin Kamis
Selain di bulan ramadhan, puasa juga sering dilakukan di luar bulan ramadhan, salah satunya adalah puasa senin kamis. Meskipun hukumnya adalah sunnah, tapi ternyata banyak sekali keutamaan puasa senin kamis yang belum diketahui banyak orang.
Puasa senin Kamis adalah puasa sunnah yang sangat dianjurkan Rasulullah Sholallahu Alaihi Was salam. Rasul juga selalu mengamalkan puasa senin Kamis ini seperti keterangan dari Aisyah Radhiyallahu ‘Anhu dalam Hadis Riwayat At-Tirmidzi, Al-Nasi dan Ibnu Majah.
Banyak sekali keutamaan puasa senin kamis yang akan membuat siapapun yang mengetahuinya pasti tergiur untuk melaksanakan ibadah ini. Penasaran? Berikut adalah rangkumannya.

1. Membuat Tubuh Lebih Sehat

Sudah banyak sekali penelitian yang membuktikan bahwa berpuasa bisa mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. Di luar bulan ramadhan, kita tetap bisa mengeluarkan racun-racun ini dari tubuh kita dengan cara berpuasa sunnah senin kamis. Hal ini akan membuat tubuh kita lebih sehat, bugar, dan tidak rentan penyakit.

2. Hari Amalan Manusia Diangkat dan Diperiksa oleh Allah SWT

Senin dan Kamis adalah dua hari dimana Allah SWT mengangkat dan memeriksa amalan manusia. Maka sangat beruntung sekali orang-orang yang beribadah puasa sunnah karena amalannya akan bertambah dan langsung diangkat oleh Allah SWT.

3. Pintu Surga Dibuka Dengan Lebar

Pada hari senin dan kamis, pintu surga dibuka selebar-lebarnya. Hal ini menunjukkan bahwa  dua hari ini adalah hari yang sangat mulia. Sehingga sungguh beruntung mereka yang pada dua hari yang mulia itu melaksanakan puasa senin kamis.

4. Berlimpah Pahala dan Kebaikan

Meskipun puasa senin kamis hukumnya adalah sunnah, namun ibadah sunnah satu ini mendatangkan pahala yang melimpah. Selain pahala, dengan berpuasa senin kamis juga membantu mengontrol  kalori yang masuk melalui makanan, sehingga tubuh lebih sehat dan bagi yang berniat untuk menurunkan berat badan juga akan sangat terbantu dengan puasa senin kamis.

5. Melatih Diri Menahan Hawa Nafsu dan Emosi

Ketika berpuasa di bulan ramadhan, kita dilatih untuk menahan hawa nafsu dan emosi setiap harinya. Setelah bulan ramadhan lewat sebaiknya kita tetap terbiasa untuk menahan hawa nafsu dan emosi. Cara untuk melatih menahan hawa nafsu dan emosi di luar bulan ramadhan adalah dengan melakukan puasa sunnah setiap senin dan kamis.

6. Meningkatkan Rasa Syukur

Dengan berpuasa, kita dapat meningkatkan rasa empati kita terhadap orang lain dan mensyukuri segala hal yang kita miliki. Karena dengan berpuasa kita dapat merasakan bagaimana mereka yang tidak berkecukupan selalu menahan hawa nafsu mereka.

7. Memberikan Kesempatan Organ Tubuh untuk Istirahat

Selama seharian berpuasa, organ tubuh terutama organ pencernaan mendapatkan waktu untuk beristirahat. Dengan istirahat yang cukup, tubuh akan kembali fit ketika berbuka dan tubuh akan menjadi lebih sehat dan bugar.

8. Terhindar dari Godaan Setan

Ibadah terbaik untuk menghalangi setan mempengaruhi jiwa dan tubuh manusia adalah puasa. Puasa akan meminimalkan pengaruh-pengaruh dari setan seperti berbuat maksiat atau hal lainnya yang dilarang oleh Allah SWT pada manusia.

9. Melatih Diri Terhindar dari Dosa

Dengan berpuasa setidaknya dua kali dalam seminggu, yakni pada hari senin dan kamis, kita akan terhindar dari dosa dan api neraka seperti yang telah disebutkan dalam Hadits Riwayat Ahmad dan Baihaqi bahwasanya puasa adalah benteng yang dapat menghalangi seseorang dari panasnya api neraka.
Demikian 9 keutamaan puasa senin kamis yang pastinya akan membuat siapapun yang mengetahui akan tergiur untuk segera berpuasa. Untuk melaksanakan ibadah sunnah seperti puasa kamis memang awalnya tidaklah mudah. Namun dengan terus melatih diri terbiasa berpuasa senin kamis niscaya kita akan merasakan keutamaan dan manfaat-manfaatnya.

Post a Comment for "9 Keutamaan Puasa Senin Kamis "