Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Khasiat Surat An Nas

Khasiat Surat An Nas

Manfaat dan Khasiat Surat An-Nas-Surat An Nas termasuk Surat Makiyyah karena diturunkan di Mekah dan masuk kategori surat pendek. Hampir semua Muslim mengenal Surat An Nas karena bisanaya bersamaan dengan Al Ikhlas dan Al Falaq menjadi surah-surah dalam al quran yang paling awal dihapal dan dipelajari bahkan saat masih di prasekolah. An Nas diambil dari kata-kata dalam surah itu yang artinya Manusia. 

Dalam An Nas yang pendek itu terkandung manfaat dan khasiat yang begitu luar biasa. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan keutamaan Surah An Nas/An Naas

Khasiat Surat An Nas

Surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas banyak memiliki khasiat dan manfaat, dimana kita bisa mengamalkannya kapan saja atau sesuai hajat dan kebutuhan kita. 

  • Surat Annas mempunyai Khasiat bisa menghindarkan diri dari Ilmu Hitam

Aisyah RA menceritakan bahwa Rasulullah setiap hendak berangkat tidur selalu membaca Al Ikhlas, An Nas dan Al Falaq, ditiupkan ketangan lalu diusapkan kemuka dan seluruh tubuh.

  • Surat An Ans mempunyai manfaat untuk menawarkan racun yang berbisa

Ali bin Abi Thalib bercerita bahwa suatu saat ketika Rasulullah digigit kala, beliau mengambil air yang dicampur garam kemudian membacakanya Surat An Ans dan Al Falaq lalu dibalurkan pada anggota tubuh yang digigit kala itu.

  • Supaya tidak tersesat dan dari terlindung kejahatan manusia dan bangsa Jin

Uqbah bin Amir meriwayatkan bahwa ketika seperjalanan dengan rasulullah beliau mengajarkan dua buah surah yang belum ada dalam zabur dan Taurat yaitu An Nas dan Al falaq, dan meminta untuk membacanya. ( Dalam hadist Thirmidhi, Abu Dawud, dan  Nasai)

  • Surat An Nas bisa menyembuhkan dan mengobati penyakit

Apabila menderita suatu penyakit karena perbuatan manusia atau Jin, bacalah An Nas dan Al falaq 41x selama 3 hari, 5 hari, 7 hari dan atau sampai sembuh.

  • Surat An Nas mempeunyai manfaat bisa mejauhkan dari rasa takut kepada Manusia dan Jin jahat

Bila mengalami ketakutan baik terhadap jin atau manusia bacalah An Nas dan Al Falaq 100x

  • Akan Terjaga Sampai Hari Kematian

Imam Musa Al Kazhim dalam Mafatihul Jinan 479 mengatakan bahwa apabila anak kecil dibacakan al falaq 3x, An Nas 3x, Al ikhlas 100x atau 50x akan memperoleh penjagaan hingga maut menjemput

  • Untuk Menyembuhkan Rasa Sakit

Menurut tafsir Nur Tsaqalavn 5:725 An Nas bersama Al falaq bisa sebagai obat u tuk menyembuhkan rasa sakit.

Manfaat An Nas, Al Ikhlas dan Al Falaq

  • Surat An Nas mempunyai Khasiat untuk Ruqiyah dan pengobatan

Masih menurut Tafsir Nur Tsaqalayn 5:725  Bahwa manfaat surah Annas  adalah bisa untuk melakukan ruqiyah. alam serbuah iwayat menceritakan Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa). mengatakan  bahwa Jibril mendatangi Nabi Muhammad SAW saat sedang sakit, kemudian Jibril melakukan ruqiyah dengan membacakan surat Al-Falaq, An-Nas juga  Al-Ikhlas. Lalu Jibril mengatakan bahwa Demi Allah Jibril Meruqiyah dan Allah yang memberi kesembuhan, sambil meminta untuk menggunakan surah itu untuk ketengangan dan kesembuhan.

Surah An Nas Latin, Arab dan Artinya

qul a'ụżu birabbin-nās

malikin-nās

ilāhin-nās

min syarril-waswāsil-khannās

allażī yuwaswisu fī ṣudụrin-nās

minal-jinnati wan-nās


Manfaat Surat An Nas
Manfaat Surat An Nas

Semoga Allah Senantiasa melindungi kita dari kejahatan manusia dan dari bangsa Jin

Aamiin

Wallahu'alam


Post a Comment for "Khasiat Surat An Nas"