Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa Nabi Khidir Untuk Mengabulkan Segala Hajat

Doa Nabi Khidir Untuk Mengabulkan Segala Hajat

Menurut Hadis yang diriwayatkan: Al Uqaili, Ad Daraqutni serta Ibnu Asakir, Asrarul Marfuah Hadist ke-13 di dalam Ihya Ulumiddin chapter 1 halaman 319  menerangkan kalau Doa nabi Khidir mempunyai banyak fadhoilah dan  keutamaan yaitu  memperoleh semua kebaikan, terhindarkan dari semua hal buruk atau malapetaka juga untuk sarana mengabulkan segala hajat.

Doa Nabi Khidir dalam Al-quran

Dalam Al quran, pada surah Al Kahfi ayat 60-82, mengisahkan pertemuan dengan seorang hamba Allah yang 'Alim yang menurut banyak tafsir ulama adalah Nabi Khidir dengan Nabi Musa.
Dikisahkan ketika Nabi Khidir melakukan perjalanan bertemu dengan Nabi Musa yang ingin menjadi muridnya. Nabi Khidir memberikan syarat kepada Nabi Musa untuk bisa menjadi muridnya, yang menurut Nabi Khidir, Nabi Musa tidak akan pernah sanggup. Selanjutnya Nabi Khidir memberikan syarat agar Nabi Musa selama perjalanan tidak mengajukan pertanyaan apapun kepada Nabi Khidir hingga Nabi Khidir sendiri yang akan memberi penjelasan.

Doa Nabi Khidir Untuk Mengabulkan Segala Hajat
Doa Nabi Khidir Untuk Mengabulkan Segala Hajat


Kisah Nabi Khidir Dan Nabi Musa

Ketika baru ingin memulai perjalanan, Nabi Khidir justru melubangi perahu yang digunakan untuk melakukan perjalanan. Seketika Nabi Musa lupa untuk tidak menanyakan apapun kepada Nabi Khidir.
Pada peristiwa kedua Nabi Musa tidak bisa menahan diri untuk menanyakan lagi kepda Nabi Khidir, setelah melihat Nabi Khidir membunuh seorang anak kecil laki-laki. Nabi Khidir hanya mengingatkan tentang persyaratan di awal pertemuan.
Nabi Musa tidak sekali lagi tidak bersabar dengan menanyakan sesuatu yang menurutnya begitu aneh. Nabi Khidir membantu membenahi tembok seorang warga tanpa dibayar sedikitpun.
Nabi Khidir pun akhirnya menegur Nabi Musa sekaligus memutuskan untuk berpisah jalan. Sebelum berpisah Nabi Khidir memberikan penjelasan kepada nabi musa atas tindakan yang menjadi pertanyaan Nabi Musa. Nabi Khidir melubangi kapal karena akan bertemu dengan penguasa, yang akan mengambil perahu itu. Dengan melubangi perahu itu, maka penguasa itu akan membiarkannya karena dianggap warga yang miskin. Sementara Nabi Khidir membunuh anak laki-laki karena dimasa depan anak itu akan menjadi kafir yang dikawatirkan akan memberi pengaruh buruk kepada  kedua orangtuanya adalah seorang mukmin. Sedangkan Nabi Khidir membantu mendirikan dinding yang hampir roboh, dikarenakan disitu ada 2 anak yatim piatu yang orang tuanya meninggal dengan menyimpan harta didalam tanah, yang dimasa depan untuk kebutuhan anak-anak tersebut.
Dari Kisah Nabi Khidir dan Nabi Musa ini bisa belajar bagaimana kita harus bersabar dalam ketaatan, serta tidak mengetahui apa yang terjadi karena sesungguhnya manusia tidak memiliki daya dan upaya selain Allah semata. Kita tidak boleh menjadi hakim atas amal perbuatan manusia, tugas kita hanya memberi peringatan, selebihnya Allah yang Maha Tahu segalanya apa yang akan terjadi.

Doa Nabi Khidir Untuk Mengabulkan segala Hajat

Mengamalkan Doa Nabi Khidir secara istiqomah dengan niat baik dan usaha yang cukup insha Allah bisa untuk mengabulkan apa yang menjadi segala hajatnya, baik hajat dunia maupaun hajat akhirat. Bacalah doa Nabi Khidir dan Ilyas ini pada awal pagi dan saat petang tiba insha Allah segera terkabul hajat kita.

Doa Nabi Khidir Bismillah Masya Allah

Dibawah ini adalah bacaan/Hizib Doa Nabi Khidir dan Nabi Ilyas. atau yang biasa dikenal dengan Doa Nabi Khidir Bismillah Masya Allah:

Doa Nabi Khidir Untuk Mengabulkan Segala Hajat
Doa Nabi Khidir Untuk Mengabulkan Segala Hajat

Doa Nabi Khidir Untuk Kekayaan

Doa Nabi Khidir dan Ilyas biasa disebut Bismillah Masya Allah dapat diamalkan untuk meminta kepintaran/kecerdasan, kekayaan serta hajat yang lainnya. Doa Nabi Khidir atau doa Bismllah 5 Nabi Khidir atau biasa dikenal dengan Bismillah 4 memiliki banyak keutamaan dan fadhilah serta manfaat

Doa Memancing Nabi Khidir

Doa Nabi khidir bismillahi Masya Allah ini juga sangat baik untuk diamalkan disaat kegiatan memancing. Manfaatnya sama dengan sholawat atau doa Nabi Sulaiman untuk memancing. Baik memancing di laut, di sungai, di kolam juga untuk memancing berbagai jenis ikan seperti lele, nila, ikan mas dan lain-lainnya.
Kalau Nabi Sulaiman terkenal dengan bisa berkomunikasi dengan hewan dan jin, sementara Nabi Khidir terkenal karena dipercayai kalau Nabi Khidir hingga sekarang masih hidup dan sring melakukan perjalanan di sungai atau dengan menyamar menjadi orang sangat miskin untuk menguji manusia yang Allah kehendaki.

Semoga Alah senantiasa memberikan kita kesabaran dalam ketaatan kepada Allah, ditunaikan hajat kita diberikan rahmat dan ampunan serta keselamatan dunia maupaun akhirat.
Wallahualam

Post a Comment for "Doa Nabi Khidir Untuk Mengabulkan Segala Hajat"