Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa Nabi Adam

Doa Nabi Adam 

Nabi Adam adalah nabi sekaligus manusia pertama yang diciptakan Allah dari tanah liat, untuk menghuni surga. Kemudian Allah meciptakan Hawa dari tulang rusuk Adam sebagai teman Adam di surga. Namun kemudian Adam dan Hawa melanggar larangan Allah. Allah saat itu memperbolehkan Adam dan hwa melakukan apa saja, asal jangan sampai memakan buah Khuldi. Namun karena godaan dan tipu muslihat iblis akhirnya Adam dan hawa melanggar larangan itu.Seperti sudah diketahui Iblis adalah makhluk Allah yang tidak setuju dan melawan perintah Allah untuk menghormati ( bersujud ) pada Adam. Karena itulah iblis dikutuk untuk menjadi penghuni neraka. Namun Allah mengabulkan keinginan iblis untuk dapat menggoda Manusia sampai hari kiamat. Karena telah melanggar larangan Allah Adam dan  hawa kemudian  diperintahkan keluar dari surga untuk tinggal di bumi ( dunia ).
Pada kenyataannya setelah di bumi Nabi Adam masih harus menjalani ujian dari Allah dengan penderitaan hidup. Adam harus  berpisah dengan Hawa kurang lebih 300 tahun lamanya. Selanjutnya dalam perjalanan dan pencariannya, Nabi Adam istiqomah  berdoa sekaligus bertobat dan mengakui segala kekhilafan serat kesalahan kepada Allah SWT. Doa Nabi Adam ini masyur seperti dikisahkan dalam QS.Al Araf ayat 23:

Doa Nabi Adam Latin:

Setelah begitu lama Adam dan Hawa berpisah akhirnya Allah mempertemukan meraka di Jabal Rahmah yaitu sebuah tempat sebelah timur dari Padang Arafah di kota Makkah. Dari pertemuan mereka pula nama Jabal rahmah berasal yaitu , Jabal yang bermakna bukit dan rahma berarti kasih sayang. Berikut doa Nabi Adam arab dan latin:

Doa Nabi Adam
Doa Nabi Adam
Menurut pendapat dan tafsir ulama , Allah menerima tobat dengan mengampuni kesalahan Nabi Adam dan Hawa.
Dari kisah nabin Adam kita mengambil hikmah untuk selalu berusaha menaati perintah Allah agar tidak memperolah hukuman. Dan apabila kita sampai berbuat dosa kecil atau besar agar cepat-cepat memohon ampun dan bertaubat, karena Allah adalah Maha Pengampun dan Penerima Taubat. Bahkan doa Nabi Adam ini menjadi wirid doa sehari-hari atau sebagai doa taubat nasuha, yaitu taubat yang sesungguhnya, mengakui kesalahan dan tidak melakukan kesalahan yang sama.

Semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita dan kedua orang tua kita, memberikan rahmat untuk keselamatan dunia dan akhirat, serta kelak meninggalkan dunia dalam husnul khatimah.

Aamiin
Wallahu'alam

Post a Comment for "Doa Nabi Adam "