Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Manfaat Memelihara Jenggot Dalam Islam Yang Wajib Untuk Diketahui

6 Manfaat Memelihara Jenggot Dalam Islam Yang Wajib Untuk Diketahui

Banyak pria yang suka memelihara jenggotnya. Rambut jenggot hanya tumbuh pada bagian bawah dagu seorang pria. Sebagian besar masyarakat menganggap bahwa tumbuhnya jenggot pada seorang pria sebagai tanda bahwa pria tersebut sudah lanjut usia. Namun ternyata memelihara jenggot juga dapat memberikan banyak manfaat.
 Manfaat Memelihara Jenggot Dalam Islam
 Manfaat Memelihara Jenggot Dalam Islam 

Berikut adalah beberapa penjelasan tentang manfaat-manfaat memelihara jenggot dalam Islam
1. Menurunkan Risiko Kanker Kulit
Sinar UV merupakan sinar yang sangat berbahaya bagi kulit jika terpapar langsung dengan kulit. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh sebuah universitas di Australia menuturkan bahwa jenggot pada pria dapat melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Jenggot dapat mencegah kanker kulit karena jenggot akan menutupi dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.
2. Mengurangi Ruam Akibat Bercukur
Setelah mencukur jenggot, banyak pria yang mengeluh karena muncul ruam. Ruam akibat mencukur jenggot disebut juga dengan folikulitis barbae. Tak hanya itu saja setelah mencukur juga sering timbul rasa gatal karena munculnya bakteri Staphylococcus  Aureus, dimana bakteri tersebut dapat menimbulkan infeksi pada kulit.
Ruam akan muncul karena adanya jenggot yang baru tumbuh langsung ikut terpotong saat bercukur. Pada bagian jenggot baru yang terpotong tersebut nantinya akan ada benjolan yang tumbuh kedalam. Benjolan tersebut nantinya akan meradang dan menimbulkan rasa sakit. Jadi jika seseorang rajin memelihara jenggot, maka ruam yang menyakitkan tersebut dapat terhindarkan.
3. Menjaga Kelembapan Pada Kulit
Manfaat memelihara jenggot dalam Islam yang selanjutnya adalah dapat menjaga kelembaban kulit. Banyak yang belum tahu bahwa bulu-bulu jenggot ternyata dapat menghasilkan minyak, dimana minyak tersebut dapat mencegah kerusakan pada kulit.
Kerusakan pada kulit yang sering terjadi adalah kulit terkelupas. Dengan adanya minyak tersebut maka kulit tidak akan mengelupas.Jadi kulit akan selalu lembab walaupun cuaca sedang panas. Selain itu memelihara jenggot juga dapat menjaga kulit agar tetap terlihat sehat.
4. Menghindari Infeksi Bakteri
Penyakit kulit dapat timbul karena adanya bakteri yang masuk ke dalam kulit melalui pori-pori. Bulu-bulu di daerah dagu nantinya akan melindungi dan memproteksi kulit dari serangan bakteri yang dapat masuk melalui pori-pori. Bakteri ternyata juga bisa muncul dari bulu-bulu jenggot yang selalu dicukur. Jadi dengan adanya jenggot, kulit seseorang dapat terlindungi dari serangan bakteri.
Tak hanya itu saja, ternyata jenggot juga mempunyai lapisan antibakteri dimana lapisan tersebut dapat membantu mencegah berbagai macam penyakit kulit dan inflamasi yang terjadi pada kulit. Manfaat memelihara jenggot dalam Islam yang satu ini dapat menyehatkan kulit karena kulit dapat terhindar dari berbagai macam jenis bakteri.
5. Mendapat Pahala
Salah satu manfaat memelihara jenggot dalam Islam adalah mendapatkan pahala. Hal tersebut dikarenakan, memelihara jenggot dalam Islam hukumnya adalah sunnah. Perlu diketahui bahwa sunnah adalah, jika dikerjakan nantinya akan mendapatkan pahala, namun jika ditinggalkan tidak berdosa.
Jadi dengan begitu, seorang pria yang memelihara jenggot, nantinya akan mendapatkan pahala atau kebaikan dari Allah SWT. Hal tersebut dikarenakan memelihara jenggot merupakan sunnah Nabi. Bagi umat Islam yang sedang berlomba-lomba mendapatkan pahala, maka bagi kaum pria tidak ada salahnya jika memelihara jenggot.
6. Mengurangi Gejala Alergi Dan Asma
Ternyata jenggot juga dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh. Hal tersebut dikarenakan, jenggot dapat menyaring partikel-partikel kecil yang masuk saat seseorang bernafas. Tak hanya itu saja, ternyata jenggot juga dapat menghalangi hawa dingin yang masuk melalui hidung saat bernafas. Dengan begitu maka seseorang dapat terhindar dari alergi debu.
Itu tadi merupakan beberapa penjelasan tentang manfaat memelihara jenggot dalam Islam. bagi para pria, jangan ragu untuk memelihara jenggot. Dengan memelihara jenggot, seorang pria akan mendapat pahala dari Allah SWT. Selain itu jenggot juga dapat memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh seseorang.

Post a Comment for "6 Manfaat Memelihara Jenggot Dalam Islam Yang Wajib Untuk Diketahui"